Cara Membuat Skema rangkaian Charger Baterai NICD Sederhana

By | April 5, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Charger Baterai NICD Sederhana – Skema rangkaian charger baterai NICD sederhana tersebut bisa dipakai untuk isi ulang 4 buah baterai NICD sekaligus. Skema rangkaian charger baterai NICD sederhana tersebut di buat memakai regulator tegangan/voltage tetap IC LM7808 & dilengkapi dngn pembatas arus dan indikator memakai lampu DC. Skema rangkaian charger baterai NICD sederhana tersebut tdk wajib isi 4 buah baterai sekaligus, namun bisa isi baterai NICD dengan cara berdiri sendiri untuk setiap cell nya.

Skema rangkaian charger baterai NICD sederhana tersebut gampang untuk di buat & memakai komponen yg gampang didapat dipasaran. Untuk merakit skema rangkaian charger baterai NICD sederhana tersebut bisa disimak skema rangkaian & komponen yg dipakai seperti pada gambar dibawah ini.

Gambar Skema rangkaian Charger Baterai NICD Sederhana

Skema rangkaian charger baterai NICD sederhana yang ditunjukan pada gambar di atas bisa mengisi 4 buah baterai NICD secara berdiri sendiri untuk setiap cell nya. Di waktu dipakai untuk isi muatan baterai NICD maka lampu bakal menyala di waktu sistem pengisian muatan di baterai NICD itu. Lalu lampu bakal padam dngn sendirinya di waktu baterai NICD itu sudah terisi sampai penuh. Lampu indikator tersebut bakal menyala sesuai dngn posisi baterai yg terpasang.

Disamping berperan sbg indikator sistem pengisian baterai, lampu tersebut pun berperan sbg pembatas arus pengisian di baterai. IC regulator tegangan/voltage IC LM7808 di skema rangkaian charger baterai NICD tersebut bakal menghasilkan panas, hingga butuh dilengkapi dngn pendingin (heatsink) untuk menyerap maupun buang panas itu.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih