Cara Membuat Skema rangkaian Charger Baterai Otomatis Dengan Kontrol Op-Amp

By | June 14, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Charger Baterai Otomatis Dengan Kontrol Op-Amp – Skema rangkaian charger baterai pada gambar dibawah ini bisa mengisi baterai 12 volt hingga penuh & bisa memutus sistem pengisian dengan cara automatis. Skema rangkaian charger baterai optomatis tersebut memakai skema rangkaian kontrol pengisian baterai dngn Op-Amp IC jenis LM311 yg diset sbg kompoarator.

Skema rangkaian charger baterai automatis tersebut bisa dipakai untuk mengisi baterai kering ataupun baterai basah 12 volt. Untuk membuat maupun merakit skema rangkaian charger baterai automatis tersebut bisa disimak skema rangkaian & daftara komponen skema rangkaian charger automatis sbg berikut.

Skema rangkaian Charger Baterai Automatis Dngn Kontrol Op-Amp

Skema rangkaian charger baterai automatis yang ditunjukan pada gambar di atas memakai kontrol berbentuk skema rangkaian komparator tegangan/voltage memakai penguat operasional Op-Amp IC LM311. Tegangan/voltage referensi sbg indikator baterai sudah penuh bisa diset memakai dioda zener 12 volt. Lalu Sbg pemutus arus memakai relay yg dikontrrol dari oleh komparator IC LM311 lewat transistor dengan tipe Q1 BC337.

Sistem pendeteksian level tegangan/voltage penuh dikerjakan oleh komparator IC LM311 di waktu sistem pengisian lewat jalur inverting IC LM311. Level tegangan/voltage penuh (tegangan/voltage maksimum baterai) tersebut bisa ditetapkan menngunakan potensiometer VR1 10 KOhm. Jika tegangan/voltage baterai sudah melebihi 12 volt maka komparator mendeteksi baterai sudah penuh & memutuskan sistem pengisian memakai relay melaui transistor dengan tipe Q1 BC337. Untuk membuat skema rangkaian charger baterai automatis tersebut bisa dirakit memakai PCB sbg berikut.

PCB Skema rangkaian Charger Baterai Automatis Dngn Kontrol Op-Amp.

Di PCB skema rangkaian charger baterai automatis yang ditunjukan pada gambar di atas sudah dilengkapi dngn gambar tata letak komponen perakitan charger, hingga mempermudah untuk pemasangan komponen.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih