Cara Membuat Skema rangkaian Charger Batere 12 Volt

By | February 5, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Charger Batere 12 Volt – Rangkain charger batere 12 volt tersebut memakai IC regulator tegangan/voltage LM350 dngn kekuatan mengalirkan arus 3 Ampere. Skema rangkaian charger batere 12 volt tersebut cukup sederhana & bisa dipakai untuk isi batere kering ataupun accumulator. Skema rangkaian charger batere 12 volt pada gambar di bawah yaitu skema rangkaian kontrol charger yg tetap memerlukan sumber tegangan/voltage input dari power supply dngn range tegangan/voltage DC +17 volt sampai +30 volt & kekuatan mensupply arus 3 Ampere. Skema rangkaian lengkap beserta daftar komponen untuk bikin charger batere 12 volt bisa disimak pada gambar dibawah ini :

Skema rangkaian Charger Batere 12 Volt

Skema rangkaian charger batere 12 volt pada gambar di atas dilengkapi dngn pengatur level tegangan/voltage output yg bisa dikontrol lewat potensiometer P1 2, 2 KOhm dari +13, 5 volt DC sampai +14, 5 volt DC. Supaya bisa memantau teperature dari batere yg dicharge (di isi) baiknya Resistor 3 10 KOhm ditukar dngn NTC 10 KOhm sebagi sensor panas batere. Dioda 1 bakal mengalirkan semua arus ke skema rangkaian kontrol charger batere 12 volt tersebut baik untuk konsumsi kontrol regultor ataupun konsumsi arus pengisian batere.

Oleh karena itu Dioda 1 di skema rangkaian charger batere tersebut mesti bisa mengalirkan arus besar (minimum 5 Ampere) semakin besar lebih bagus supaya tdk berlangsung disipasi daya jadi panas oleh dioda Dioda 1 itu. IC regulator LM350 pun berperan sbg power charger & bakal berlangsung disipasi daya jadi panas di IC LM350 tersebut, oleh karenanya IC regulator tegngan LM350 tersebut mesti dilengkapi dngn heat sink untuk menyerap panas yg dihasilkan oleh IC LM350 itu.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih