Cara Membuat Skema rangkaian Charger Baterei Ponsel

By | December 8, 2013

Cara Membuat Skema/rangkaian Charger Baterei Ponsel – Handphone dengan kata lain hp adalah alat komunikasi yg penting waktu ini & demikian memasyarakat. Hp atau ponsel menggunakan baterei Li-On untuk pasokan catu dayanya. Baterei tersebut butuh di isi lagi lantaran dlm saat tertentu bakal habis arus listrik/daya yg ada di dlm beterei itu. Untuk isi lagi baterei dibutuhkan charger. Charger hp yg ada di pasar cukup mahal. Skema/rangkaian Charger Baterei Hp tersebut di sajikan sbg alternatif untuk isi handphone/paket baterai berdana murah dngn rating 7, 2 volt, seperti Nokia 6110/6150.

Nah, bila Anda kreatif & tertarik untuk bikin sendiri charger baterei hp, dngn ini kami sajikan Skema/rangkaian Charger Baterei Hp untuk Anda. Pasokan listrik 220​​-240V AC dikonversi turun jadi 9V AC oleh transformator T1. Output trafo diperbaiki oleh BR1 & pasokan DC positif terhubung langsung ke kontak output charger, sedang terminal negatif dikaitkan lewat resistor Resistor 2 membatasi arus. Kerja D2 sbg indikator daya dngn Resistor 1 yg berperan sbg limiter arus & D3 tunjukkan status pengisian. Sepanjang periode pengisian, seputar 3 volt penurunan berlangsung pada Resistor 2, yg menyalakan D3 lewat Resistor 3.

Gambar Skema/rangkaian Regulator Catu Daya 1, 5 – 35 Volt DC

Daftar komponen :

Resistor 1 Memiliki tipe atau berukuran 1K

Resistor 2 Memiliki tipe atau berukuran 47R

Resistor 3 Memiliki tipe atau berukuran 10R

Resistor 4 Memiliki tipe atau berukuran 47R

Capasitor 1 Memiliki tipe atau berukuran 1000uF-25V

Dioda 1 Memiliki tipe atau berukuran LEDs any color

Dioda 2 Memiliki tipe atau berukuran LEDs any color

Dioda 3 Memiliki tipe atau berukuran LEDs any color

Dioda 4 Memiliki tipe atau berukuran 1N4007

Dioda 5 Memiliki tipe atau berukuran 1N4007

IC1 Memiliki tipe atau berukuran LM7806

T1 Memiliki tipe atau berukuran Transformer 9VAC 250mA

BR1 Memiliki tipe atau berukuran Diode bridge 1A

Sebuah sumber pasokan DC eksternal (umpamanya dari baterei kendaraan) pun bisa dipakai untuk daya pengisi daya, di mana Resistor 4, sesudah dioda perlindungan polaritas D5, membatasi arus input ke nilai yg aman. Regulator tegangan/voltage positif LM7806 (IC1) 3-terminal berikan tegangan/voltage output konstan 7. 8V DC dari D1 dihubungkan pada terminal umum (pin 2) & rel dasar IC1 menyebabkan tegangan/voltage output ke 7. 8V DC. D1 pun berperan sbg indikator daya untuk pasokan DC eksternal. Suatu heat sink kecil disarankan untuk IC1 agar Skema/rangkaian Charger Baterei Hp tersebut tahan lama.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih