Cara Membuat Skema rangkaian Counter Digital Sederhana

By | June 17, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Counter Digital Sederhana – Skema rangkaian counter digital sederhana tersebut terbagi dalam suatu penampilan peraga 7 segment yg dikendalikan dngn suatu BCD counter TTL IC 74LS90. Sbg dekoder peraga 7 segmen di skema rangkaian tersebut dipakai IC dekoder BCD to 7 segment jenis 74LS47. Skema rangkaian counter digital sederhana tersebut adalah skema rangkaian dasar dlm pembuatan counter satu papan nilai ataupun timer memakai komponen digital TTL. Skema rangkaian conter digital tersebut benar-benar sederhana & gampang untuk di buat lantaran komponen yg dipakai gampang didapat dipasaran & tdk memerlukan seting yg rumit. Dibawah ini gambar skema rangkaian & daftar komponen yg dipakai untuk memmbuat skema rangkaian counter digital sederhana.

Gambar Skema rangkaian Counter Digital Sederhana

Daftar Komponen Skema rangkaian Counter Digital Sederhana

R1-R7 memiliki tipe atau berukuran 470 Ohm

U1 memiliki tipe atau berukuran 74LS90

U2 memiliki tipe atau berukuran 74LS47

DISP1 memiliki tipe atau berukuran 7 Segmen Common Anoda (CA)

Skema rangkaian counter digital sederhana tersebut bisa dioperasikan dngn sumber tegangan/voltage C +5 volt dari suatu power supply maupun baterai. Skema rangkaian counter sederhana pada gambar di atas bisa dimodifikansi maupun di kembangkan jadi counter banyak digit hingga bisa dipakai sbg counter maupun timer dlm satu perlombaan maupun sbg papan nilai dlm satu lomba. Jika dimodifikasi sebagai timer maka skema rangkaian counter sederhana di atas bisa ditambahkan sampai beberapa digit sesuai keperluan & memberikan satu input dari suatu multivibrator dngn frekuensi pulsa sesuai keperluan. Lalu untuk modifikasi sebagai papan nilai maka input skema rangkaian counter itu bisa berbentuk pulsa yg dihasilkan dari satu tombol push button.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih