Cara Membuat Skema rangkaian Crossover Aktif Untuk Power Audio amplifier Mobil

By | March 12, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Crossover Aktif Untuk Power Audio amplifier Mobil – Skema rangkaian Crossover Aktif Untuk Power Audio amplifier Mobil adalah skema rangkaian pengatur suara untuk sound system mobil dngn 3 band filter aktif untuk mengontrol suara bass, suara treble & suara midrange saat sebelum dikuatkan oleh power audio amplifier mobil 150 watt. Skema rangkaian Crossover Aktif Untuk Power Audio amplifier Mobil tersebut didesain khusus berpasangan dngn skema rangkaian power audio amplifier mobil 150 watt LA47536 di artikel sebelumnya.

System pengaturan suara di Skema rangkaian Crossover Aktif Untuk Power Audio amplifier Mobil tersebut memakai filter aktif yg di bangun memakai penguat operasional (Op-Amp) IC LF353 yg merupakan Op-Amp dengam karakteristik low noise. Skema rangkaian Crossover Aktif Untuk Power Audio amplifier Mobil terbagi dalam bagian-bagian seperti tampak di gambar di bawah.

Gambar Skema rangkaian Crossover Aktif Untuk Power Audio amplifier Mobil

Untuk merakit Skema rangkaian Crossover Aktif Untuk Power Audio amplifier Mobil yang ditunjukan pada gambar di atas bisa dipakai design PCB Skema rangkaian Crossover Aktif Untuk Power Audio amplifier Mobil yg sudah di buat seperti di gambar layout PCB dibawah ini.

PCB Skema rangkaian Crossover Aktif Untuk Power Audio amplifier Mobil

Dari yang ditunjukan pada gambar di atas tampak bahwasanya Skema rangkaian Crossover Aktif Untuk Power Audio amplifier Mobil terbagi dalam bagian-bagian yg bisa di jabarkan sbg berikut.

Penguat Depan (Pre-Amplifier)

Sisi tersebut berperan menguatkan sinyal suara dari MP3 player maupun head unit lalu diberikan ke skema rangkaian filter aktif. Skema rangkaian penguat depan (pre-amplifier) tersebut di bangun dngn konfigurasi penguat operasional (Op-Amp) IC LF353.

Filter Aktif Suara Bass

Sisi tersebut berperan untuk menguatkan sinyal suara dngn range frekuensi suara bass & menahan sinyal suara dngn range frekuensi yg lain. Skema rangkaian filter aktif suara bass tersebut pada dasarnya low pass filter aktif yg diset di range frekuensi suara bass.

Filter Aktif Suara Midrange

Sisi tersebut berperan untuk menguatkan sinyal suara dngn range frekuensi suara menengah (midrange) & menahan range frekuensi sinyal suara yg lain. Filter aktif suara midrange tersebut di bangun memakai band pass filter dngn range frekuensi center di suara midrange suara.

Filter Aktif Suara Treble

Sisi tersebut berperan sbg penyaring suara treble, yakni menguatkan sinyal suara dngn range suara treble & menahan range sinyal suara dngn range frekuensi yg lain. Sisi filter aktif suara treble tersebut di bangun memakai high pass filter aktif dngn frekuensi cut off di range frekuensi suara treble.

Semua jalur output/keluaran dari filter aktif di Skema rangkaian Crossover Aktif Untuk Power Audio amplifier Mobil tersebut bisa dikontrol level tegangan/voltage outputnya memakai potensiometer yg dipasang di masing-masing output/keluaran Skema rangkaian Crossover Aktif Untuk Power Audio amplifier Mobil itu.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih