Cara Membuat Skema rangkaian Crossover Pasif 2 Way

By | March 28, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Crossover Pasif 2 Way – Skema rangkaian crossover pasif berperan untuk memisahkan suara di system loud speaker. Skema rangkaian crossover pada gambar di bawah adalah type crosover pasif yg kerap dipasang pada box speaker 2 way & berperan untuk memisahkan suara treble & bass supaya diserap secara optimal oleh loud speaker tweeter & woofer.

Skema rangkaian crossover pasif 2 way tersebut di buat memakai gabungan resistor, induktor & kapasitor/kondensator (RLC). Gabungan skema rangkaian resistor induktor & kapasitor/kondensator di skema rangkaian crossover pasif tersebut yaitu skema rangkaian filter high pass & filter low pass. Untuk lebih jelasnya dlm membuat skema rangkaian crossover pasif 2 way tersebut bisa disimak skema rangkaian & komponen yg dipakai sbg berikut.

Gambar Skema rangkaian Crossover Pasif 2 Way

Skema rangkaian crossover pasif 2 way maupun juga di kenal dngn nama crossover pasif 2 suara yang ditunjukan pada gambar di atas bisa dipakai sbg filter suara bass & treble di box loud speaker 2 way. Manfaat skema rangkaian crossover pasif tersebut disamping memisahkan suara treble & bass supaya diserap sesuai speaker yg dipakai juga membuat perlindungan loud speaker tweeter yg tdk bisa diberikan sinyal output/keluaran suara bass, lantaran kumparan speaker type tweeter bakal rusak maupun terbakar jika terkena tegangan/voltage output/keluaran power audio amplifier dngn suara rendah (frekuensi rendah).

Lantaran skema rangkaian crossover yang ditunjukan pada gambar di atas adalah crossover type pasif, maka skema rangkaian crossover itu tdk butuh maupun tdk memerlukan tegangan/voltage sumber untuk beroperasi, jadi bisa segera dihubungkan ke loud speaker & diberikan sinyal input dari power audio amplifier.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih