Cara Membuat Skema rangkaian Decoder Stereo FM MC1310P

By | March 24, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Decoder Stereo FM MC1310P – Skema rangkaian decoder stereo FM MC1310P adalah skema rangkaian yg berperan untuk mengkodekan sinyal stereo pada penerima FM. Sinyal stereo dari pemancar FM tdk bisa langsung di terima oleh penerima FM biasa, oleh karenanya dipakai skema rangkaian decoder stereo FM yg bakal menterjemahkan isyarat stereo dari pemnacar FM itu pada pesawat penerim FM jadi isyarat stereo shingga didapat kanal suara L & R pada output/keluaran penerima FM anda.

Skema rangkaian decoder stereo penerima FM bisa memakai IC MC1310P seperti yg ada pada contoh skema rangkaian decoder FM stereo pada gambar di bawah. IC MC1310 yaitu chip IC decoder stereo produksi motorola yg bekerja pada sumber tegangan/voltage + 8 volt DC hingga + 14 volt DC. Pada gambar skema rangkaian decoder FM stereo MC1310 di bawah skema rangkaian decoder diberikan sumber tegangan/voltage + 12 volt DC.

Skema rangkaian Decoder Stereo FM MC1310P

Dlm transimisi radio FM stereo saluran kanan & kiri secara tehnis di kodekan jadi sinyal penjumlahan (kanan + kiri) & sinyal perbedaan (Kanan – kiri). Sistem itu dikerjakan untuk mendapatkan sinyal multiplex untuk ditransmisikan. Pada penerima FM stereo sistem mengembalikan sinyal stereo dari sinyal multiplex itu dikerjakan oleh skema rangkaian decoder stereo. Pada prinsipnya manfaat skema rangkaian decoder MC1310 tersebut yaitu kembalikan isyarat informasi stereo dngn langkah memberikan perbedaan sinyal dngn tehnik ditambahkan unmtuk memperoleh kanal informasi line Right (kanan).

Lalu lakukan sistem pengurangan sinyal multiplex dngn perbedaan sinyal untuk memperoleh kanal informasi lin Left (kiri). Dngn skema rangkaian decoder stereo FM MC1310P tersebut anda bisa terima sinyal informasi dari pemancar FM stereo & menerimanya dlm posisi stereo pun.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih