Cara Membuat Skema rangkaian Detektor Asap Dengan IC 555

By | May 8, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Detektor Asap Dengan IC 555 – Skema rangkaian detektor asap tersebut berperan untuk mendeteksi terdapatnya asap di suatu ruangan. Aplikasi dari skema rangkaian detektor asap yaitu sbg alarm asap rokok maupun detektor asap rokok. Skema rangkaian detektor asap dngn IC 555 tersebut benar-benar sederhana & gampang di buat. Komponen utama sbg sensor maupun detektor asap memakai opto coupler yg diletakan dlm wadah kecil untuk menangkap asap. Skema rangkaian detektor asap dngn IC 555 tersebut membutuhkan sumber tegangan/voltage + 9 volt sampai +12 volt DC. Gambar skema rangkaian & daftar komponen untuk membuat detektor asap dngn IC 555 bisa disimak di gambar dibawah ini.

Skema rangkaian Detektor Asap Dngn IC 555

Skema rangkaian detektor asap dngn IC 555 di atas mesti diletakan pada lokasi strategis yg bisa menangkap asap dngn gampang. Detektor asap (optocoupler) mesti diletakan dlm satu wadah kecil yg bisa menangkap maupun menyimpan asap rokok dngn gampang. Pada prinsipnya skema rangkaian detektor asap rokok di atas yaitu skema rangkaian multivibrator astabil dari IC 555 dngn range frekuensi audio yg dilengkapi dngn detektor asap yg terbuat dari optocoupler.

Pada waktu detektor asap mendeteksi ada asap maka bakal berikan triger ke skema rangkaian multivibrator astabil hingga bakal memberikan bunyi alarm lewat loud speaker yg terhubung ke output IC 555. Untuk mengatur sensitifitas sensor asap rokok bisa dilakukan dngn mengatur intensitas sinar cahaya infra merah di LED yg dipancarkan ke foto transistor di dalam optocoupler. Intensitas sinar infra merah dari LED optocoupler itu bisa diatur dngn mengatur arus bias yg mengalir ke LED itu lewat variabel resistor/hambatan dengan ukuran (VR1) 1 KOhm.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih