Cara Membuat Skema rangkaian Detektor Hujan Untuk Mobil

By | April 30, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Detektor Hujan Untuk Mobil – Skema rangkaian detektor hujan pada gambar di bawah adalah skema rangkaian sederhana yg bisa mendeteksi sudah berlangsung hujan di sekitar alat itu. Pada dasarnya skema rangkaian detektor hujan di mobil tersebut mendeteksi ada hujan lewat terhubungnya terminal sensor oleh air hujan. Skema rangkaian detektor hujan untuk mobil tersebut benar-benar sederhana & di bangun memakai komponen utama sensor air & suatu SCR.

Sensor air di skema rangkaian detektor hujan tersebut bisa di buat dngn PCB lalu didesain sedemikian rupa hingga prinsip terjadi hubungan pada 2 terminal di waktu terkena air terpenuhi. Sbg indikator apabila sensor itu mendeteksi ada hujan maka skema rangkaian tersebut bakal berikan sinyal output berbentuk bunyi buzzer. Untuk membuat skema rangkaian detektor hujan untuk mobil tersebut bisa disimak skema rangkaian & komponen yg dipakai pada gambar dibawah ini.

Gambar Skema rangkaian Detektor Hujan Untuk Mobil

Daftar Komponen Skema rangkaian Detektor Hujan Untuk Mobil

Resistor 1 memiliki tipe atau berukuran 1K

Resistor 2 memiliki tipe atau berukuran 680

Dioda 1 memiliki tipe atau berukuran 1N4001

SCR1 memiliki tipe atau berukuran C106B

BZ1 memiliki tipe atau berukuran Buzzer 12 volt

S1 memiliki tipe atau berukuran SPST

Di waktu membuat skema rangkaian detektor hujan tersebut baiknya ditest dulu saat sebelum dipasang dimobil dngn langkah sbg berikut. Di waktu sistem perakitan usai, & skema rangkaian sudah diberikan sumber tegangan/voltage DC +12 volt maka untuk test skema rangkaian dikerjakan dngn memercikan air ke sensor.

Dengan cara kasat mata jika air sudah mengenai sensor & tampak ada jalur sensor yg terhubung oleh air maka skema rangkaian tersebut bakal berikan indikator berbentuk bunyi buzzer. Jika tdk ada bunyi buzzer maka skema rangkaian butuh dicek kembali hingga berhasil. Sesudah test usai & keadaan skema rangkaian bagus (bisa beroperasi sesuai design) maka bisa dipasang segera pada mobil dngn sumber tegangan/voltage untuk skema rangkaian detektor hujan tersebut diambilkan dari accumulator mobil +12 volt.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih