Cara Membuat Skema rangkaian Detektor Kabel (Line) Telephone

By | June 8, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Detektor Kabel (Line) Telephone – Skema rangkaian detektor line telephone tersebut berperan untuk mengetahui keadaan kabel (line) telephone apakah dlm situasi bagus maupun dlm situasi putus dari jaringan telephone. Mengetahui keadaan terhubungnya line telephone dngn sentral telephone tersebut dibutuhkan oleh beberapa teknisi jaringan telephone dlm maintenance jaringan telephone kabel.

Pada waktu dipakai, skema rangkaian tersebut bakal berikan indikator suatu nyala LED jika skema rangkaian tersebut mendeteksi kabel telephone bagus & LED bakal padam jika hasil deteksi line telephone terputus dngn sentral telephone. Skema rangkaian Detektor Kabel (Line) Telephone tersebut di bangun dngn suatu FET & dioda LED sebagi indikator. Untuk merakit maupun membuat “Rangkaian Detektor Kabel (Line) Telephone” sendiri bisa disimak gambar skema rangkaian & komponen yg dipakai seperti pada gambar dibawah ini.

Gambar Skema rangkaian Detektor Kabel (Line) Telephone

Untuk membuat maupun merakit sendiri skema rangkaian detektor line telephone tersebut bisa dipakai design PCB yg sudah ada sbg berikut.

PCB Skema rangkaian Detektor Kabel (Line) Telephone

Skema rangkaian Detektor Kabel (Line) Telephone pada gambar di atas dioperasikan dngn sumbert egangan DC + 9 Volt dari suatu baterai. Di skema rangkaian detektor kabel telephone di atas ada 2 probe input yg mesti dikaitkan dngn line telephone pada waktu dipakai. Sistem identifikasi keadaan kabel (line) telephone tersebut pada dasarnya mendeteksi tegangan/voltage DC yg didapatkan dari sentral telephone di jaringan line telephone.

Jika tegangan/voltage DC itu terdeteksi maka “Rangkaian Detektor Kabel (Line) Telephone” tersebut bakal memperoleh bias untuk gate FET hingga FET bakal mengalirkan arus untuk menyalakan LED sbg indikator. Jika tegangan/voltage DC itu tdk terdeteksi maka FET tdk memperoleh bias gate hingga LED inikator tdk memperoleh arus DC dari baterai, hingga LED padam.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih