Cara Membuat Skema rangkaian Detektor Kebocoran Gas LPG TGS812

By | January 24, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Detektor Kebocoran Gas LPG TGS812 – Skema rangkaian detektor kebocoran gas LPG TGS812 tersebut berperan untuk berikan indikator berbentuk bunyi alarm jika berlangsung kebocoran di tabung gas LPG rumah tangga. Skema rangkaian detektor tabung gas LPG tersebut memakai sensor figaro TGS812 yg bisa mendeteksi ada konsentrasi gas LPG di sekitar sensor itu dngn bagus.

Skema rangkaian detektor kebocoran tabung gas LPG tersebut tdk memakai mikrokontroler maupun PIC dlm pembuatannya hingga mudah di buat & dirakit. Skema rangkaian detektor kebocoran tabung gas tersebut memerlukan sumber tegangan/voltage DC +12 volt untuk pengoperasiannya. Skema rangkaian lengkap & daftar komponen yg diperlukan untuk membuat skema rangkaian detektor tabung gas LPG bisa disimak pada gambar dibawah ini.

Skema rangkaian Detektor Kebocoran Gas LPG TGS812

Dari skema rangkaian detektor kebocoran tabung gas LPG diatas sensor gas LPG figaro TGS812 berperan untuk mendeteksi terdapatnya konsentrasi gas LPG di sekitar sensor & berikan tegangan/voltage picu ke gate SCR C206A. Tegangan/voltage picu dari deteksi gas LPG oleh sensor TGS812 itu bakal mengunci status SCR ke keadaan ON hingga skema rangkaian alarm IC 555 memperoleh sinyal enable dari IC 4071.

Sinyal enable yg di terima multivebrator astabil IC 555 pad pin 4 itu bakal mengaktifkan alarm detektor kebocoran gas LPG hingga saklar reset S1 ditekan. Manfaat saklar reset (S1) di skema rangkaian alarm kebocoran gas LPG di atas yaitu untuk mereset keadaan SCR jadi OFF lagi. Untuk memperoleh efektifitas penginderaan kebocoran gas LPG baiknya skema rangkaian detektor kebocoran tabung gas LPG tersebut diletakan di lokasi dekat tabung gas LPG.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih