Cara Membuat Skema rangkaian Detektor Konsleting (Short Circuit Detector)

By | August 13, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Detektor Konsleting (Short Circuit Detector) – Skema rangkaian detektor konsleting maupun hubung singkat (short circuit detector) tersebut bisa dipakai untuk mencari jalur yg mengalami konsleting (short circuit) di skema rangkaian DC. Pada dasarnya skema rangkaian tersebut mendeteksi resistansi dlm orde miliohm yang berasal dari jalur kelistrikan yg di teliti. Skema rangkaian detektor konsleting (short circuit detector) tersebut di buat memakai 2 buah penguat operasional (Op-Amp) IC 741 maupun sejenisnya, & dikonfigurasikan supaya memberikan sinyal buzer di waktu terdeteksi ada jaringan yg short.

Skema rangkaian detektor konsleting tersebut di buat dngn sedikit komponen & memakai komponen yg mudah didapat dipasaran. Untuk membuat ragkaian detektor konsleting (short circuit detector) tersebut bisa lihat skema rangkaian detektor konsleting secara lengkap bisa disimak di gambar dibawah ini.

Gambar Skema rangkaian Detektor Konsleting (Short Circuit Detector)

Skema rangkaian detektor konsleting (short circuit detector) yang ditunjukan pada gambar di atas terdiri yang berasal dari 2 bagian, yakni penguat operasional A1 berperan sbg multivibrator dngn frekuensi ditetapkan oleh konfigurasi Resistor 1 & Capasitor 1 lalu transistor Q1 & Q2 sbg penguat sinyal audio multivibrator itu.

Penguat operasional A2 berperan untuk medeteksi keadaan jaringan lewat probe, jika berlangsung konsleting maka speaker bakal berbunyi & sebaliknya. Skema rangkaian detektor konsleting (short circuit detector) tersebut dioperasikan dngn sumber tegangan/voltage DC + 12 volt yang berasal dari suatu power supply. Skema rangkaian detektor konsleting tersebut kerap dipakai oleh beberapa teknisi dlm sistem maitenance maupun perbaikan satu piranti elektronika.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih