Cara Membuat Skema rangkaian Detektor Level Air Dengan Transistor

By | February 20, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Detektor Level Air Dengan Transistor – Skema rangkaian detektor level air bisa di buat memakai transistor, skema rangkaian detektor level ketinggian air tersebut mempunyai 3 tingkat level deteksi ketinggian air. Sensor yg dipakai untuk mendeteksi ketinggian air tersebut adalah pin basis transistor yg diberikan bias tegangan/voltage yang berasal dari sumber tegangan/voltage lewat air. Resistansi air bisa dipakai sbg pemberi tegangan/voltage ke basis transistor.

Dngn keadaan seperti itu maka bakal anda peroleh suatu sensor pendeteksi air. Resistansi air dideteksi memakai sepasang ujung probe memiliki bahan logam dngn panjang seputar 2 centi meter dan diletakan dengan cara sejajar sejauh 1 centi meter. Dngn keadaan seperti tersebut resistansi air tanah yaitu dlm orde kilo ohm. Dngn skema rangkaian seperti di gambar rangkaian di bawah, maka level air dlm satu tangki bakal terdeteksi dngn menyalanya led.

Gambar Skema rangkaian Detektor Level Air Dengan Transistor

Untuk membuat level air yg terdeteksi yaitu teliti, maka skema rangkaian probe & transistor diperbanyak. Untuk memudahkan dlm pembuatan, maka probe ditusukan di pipa paralon, lalu probe disambung dngn kabel yg panjang hingga bisa dimonitor dari bawah. Skema rangkaian probe tersebut mesti dirawat secara periodik dan teratur lantaran bila telah digunakan agak lama maka probe bakal tertutup oleh partikel lumpur yg bakal kurangi kepekaan. Level ketinggian air di skema rangkaian detektor level air dngn transistor tersebut direpresentasikan mengunakan hidup LED. LED bakal menyala jika level air menyentuh titik ketinggian di mana sensor itu diletakan.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih