Cara Membuat Skema rangkaian Detektor Noise Ruangan

By | January 14, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Detektor Noise Ruangan – Skema rangkaian detektor noise ruangan tersebut berperan untuk mendeteksi tingkat noise/kebisingan suara dlm satu ruangan dngn tingkat pendeteksian maupun batas maksimum noise yg diperbolehkan bisa ditentukan dngn seting titik treshold. Pada prinsipnya skema rangkaian detektor noise ruangan tersebut mendeteksi tingkat suara yg ada dlm satu runagan memakai microphone type condenser mic lalu dibanding dngn titik treshold yg sudah ditetapkan, jika lebih tinggi yang berasal dari titik treshold maka melampaui batas yg diperbolehkan & bakal diberikan indikator & jika lebih rendah yang berasal dari titik treshold maka tdk bakal diberikan indikator. Skema rangkaian & komponen yg dipakai untuk membuat maupun merakit skema rangkaian detektor noise ruangan tersebut bisa disimak pada gambar dibawah ini.

Gambar Skema rangkaian Detektor Noise Ruangan

Daftar Komponen Skema rangkaian Detektor Noise Ruangan

Resistor 1 memiliki tipe atau berukuran 10K

Resistor 2, Resistor 3 memiliki tipe atau berukuran 22K

Resistor 4 memiliki tipe atau berukuran 100K

Resistor 5, Resistor 9, Resistor 10 memiliki tipe atau berukuran 56K

Resistor 6 memiliki tipe atau berukuran 5K6 Resistor 7 memiliki tipe atau berukuran 560R

Resistor 8 memiliki tipe atau berukuran 2K2

Resistor 11 memiliki tipe atau berukuran 1K

Resistor 12 memiliki tipe atau berukuran 33K

Resistor 13 memiliki tipe atau berukuran 330R

Capasitor 1 memiliki tipe atau berukuran 100nF

Capasitor 2 memiliki tipe atau berukuran 10µF 25V

Capasitor 3 memiliki tipe atau berukuran 470µF 25V

Capasitor 4 memiliki tipe atau berukuran 47µF 25V

Dioda 1 memiliki tipe atau berukuran LED

IC1 memiliki tipe atau berukuran LM358

Q1 memiliki tipe atau berukuran BC327

MIC1 memiliki tipe atau berukuran ECM

SW1 memiliki tipe atau berukuran Saklar 2 Pool 4 Way

Secara tehnis prinsip kerja rangkain detektor noise ruangan yang ditunjukan pada gambar di atas sbg berikut. Di waktu sinyal audio yg di terima oleh microphone lalu memberikan tegangan/voltage output di penguat sinyal microphone. Maka tegangan/voltage output itu dibandingkan dngn tegangan/voltage rekomendasi sbg titik treshold. Jika tegangan/voltage output itu melebihi tegangan/voltage rekomendasi maka komparator bakal berikan indikator sbg sinyal tingkat noise yg tinggi dngn nyala LED. & jika tegangan/voltage output itu lebih rendah yang berasal dari tegangan/voltage rekomendasi maka tdk dinyalakan indikator noise.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih