Cara Membuat Skema rangkaian Detektor Panas

By | January 22, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Detektor Panas – Skema rangkaian detektor panas adalah skema rangkaian elektronika sederhana yg berperan untuk mendeteksi panas satu benda yg di mana sensor panas skema rangkaian detektor panas tersebut diletakan. Skema rangkaian detektor panas di artikel tersebut kerap dipakai di pemanas cairan dlm satu pabrik maupun sbg alarm panas terlalu berlebih (over heating) di satu peralatan yg bisa menyebabkan panas dlm satu industri. Skema rangkaian detektor panas tersebut cukup sederhana & gampang untuk di buat lantaran memakai sedikit komponen & komponen yg dipakai gampang diperoleh dipasaran. Untuk membuat maupun merakit skema rangkaian detektor panas itu bisa disimak di gambar dibawah ini.

Gambar Skema rangkaian Detektor Panas

Dari skema rangkaian detektor panas yang ditunjukan pada gambar di atas tampak bahwasanya skema rangkaian detektor panas tersebut memakai sensor suhu maupun sensor panas berbentuk transistor dengan tipe BC 109 & memakai IC UM3561 sbg pembangkit nada sirine. Skema rangkaian sensor panas yang ditunjukan pada gambar di atas dioperasikan memakai sumber tegangan/voltage DC +3 sampai +6 volt. Sbg pembangkit nada dipakai IC UM3561 & dikuatkan oleh transistor dengan tipe darlinton T3 BC 548 & T4 BEL 187 untuk menggerakan suatu loud speaker 8 Ohm. Skema rangkaian detektor panas yang ditunjukan pada gambar di atas memakai sensor panas berbentuk transistor dengan tipe BC 109 dngn kaki basis yg tdk dihubungkan.

Jika suhu maupun temperatur panas satu objek yg diukur oleh skema rangkaian tersebut sudah melalui batas toleransi yg ditetapkan oleh karakteristik transistor maka T2 transistor dengan tipe AC 188 bakal konduk & relay RL 1 memperoleh aliran arus yang berasal dari transistor hingga saklar di relay bakal kontak maupun ON & berikan tegangan/voltage DC untuk mengaktifkan untuk IC pembangkit suara sirine IC UM3561. IC UM 3561 yg memperoleh perintah aktif yang berasal dari relai bakal mereproduksi bunyi sirine yg mengidentifikasikan terjadinya panas berlebihan (over heating) yang berasal dari objek yg diukur oleh skema rangkaian detektor panas itu.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih