Cara Membuat Skema rangkaian Driver Motor DC PWM Sederhana

By | December 17, 2013

Cara Membuat Skema rangkaian Driver Motor DC PWM Sederhana – Skema rangkaian driver motor DC PWM sederhana tersebut bisa dipakai untuk mengatur kecepatan putaran motor DC 12 volt. Skema rangkaian driver motor DC dngn tehnik PWM bakal memberikan performasi yg makin lebih bagus dari pengendali kecepatan motor berbasis tegangan/voltage variabel. Driver motor DC memakai MOSFET BUZ11 yg dikontrol secara PWM memakai pulsa output multivibrator NE555. Skema rangkaian driver motor DC PWM tersebut benar-benar simpel & bisa di buat dngn gampang lantaran tdk ada komponen yg peka & komponen untuk membuat driver motor DC PWM tersebut gampang didapat. Skema rangkaian lengkap & daftar komponen untuk membuat skema rangkaian driver motor DC PWM sederhana bisa di lihat di gambar skema rangkaian dibawah ini.

Skema rangkaian Driver Motor DC PWM Sederhana Dngn IC NE555

Rangkaian driver motor DC PWM sederhana tersebut di buat memakai pembangkit pulsa PWM berbentuk IC NE555 yg diset jadi astabil multivibrator dngn frekuensi 50 Hz. Pulsa output skema rangkaian multivibrator tersebut dipakai untuk berikan bias gate MOSFET BUZ11. Lebar pulsa positif (duty cycle) pulsa output skema rangkaian multivibrator bisa diatur memakai potensiometer P1 50 KOhm.

Makin lebar pulsa posistif yg diberikan ke pin gate MOSFET BUZ11 maka makin besar daya yg dialirkan ke motor DC oleh MOSFET BUZ11 itu, hingga kecepatan putaran motor DC makin tinggi demikian sebaliknya makin sempit lepar pulsa posistif bias gate MOSFET maka makin rendah daya ke motor DC & makin lambat putaran motor DC itu. Skema rangkaian driver motor DC PWM tersebut bisa dioperasikan dngn sumber tegangan/voltage + 12 volt DC sesuai dngn motor DC yg dikontrol. Skema rangkaian driver motor DC PWM sederhana tersebut bisa dipakai sbg pengatur kecepatan putaran bor listrik kecil 12 volt DC.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih