Cara Membuat Skema rangkaian Driver Motor Servo

By | December 17, 2013

Cara Membuat Skema rangkaian Driver Motor Servo – Rangkaian driver motor servo di gambar di bawah di buat dngn IC MC33030. Skema rangkaian driver motor servo tersebut berperan untuk mengatur motor servo dngn sumber tegangan/voltage DC & bekerja memakai cara maupun system close loop dlm pengontrolen motor servo itu. IC MC33030 adalah chip IC khusus untuk driver motor servo dngn fitur sbg berikut. Kemampuan arus maksimum beban (motor servo) 1 ampere Tegangan/voltage referensi input yg bisa diprogram Over current shutdown Over Voltage shutdown Bekerja dngn system close loop Untuk membuat skema rangkaian driver motor servo dngn IC MC33030 tersebut bisa di lihat gambar maupun skema rangkaian driver motor servo IC MC33030 di gambar dibawah ini.

Gambar Skema rangkaian Driver Motor Servo IC MC33030

Daftar Komponen Skema rangkaian Driver Motor Servo IC MC33030

Capasitor 1, Capasitor 2, Capasitor 5, Capasitor 7 memiliki tipe atau berukuran 0. 1uF

Capasitor 3 memiliki tipe atau berukuran 22nF

Capasitor 4 memiliki tipe atau berukuran 10nF

Capasitor 6 memiliki tipe atau berukuran 10uF/50V

Dioda 1 memiliki tipe atau berukuran LED

Resistor 1, Resistor 2, Resistor 3, Resistor 4 memiliki tipe atau berukuran 4. 7K

Resistor 5 memiliki tipe atau berukuran 15K

Resistor 6 memiliki tipe atau berukuran 330 U1 memiliki tipe atau berukuran MC33030

Di gambar skema rangkaian driver motor servo dngn IC MC33030 di atas mempunyai dua buah kontrol posisi & kontrol feedback. F POT berperan untuk mengatur maupun mengontrol system umpan balik maupun feedback system close loop driver motor servo. Sedangakan R POT berperan untuk mengatur posisi gerakan motor servo. Tegangan/voltage kerja skema rangkaian driver motor servo memakai IC MC33030 tersebut yaitu 12 volt pas dngn tegangan/voltage kerja motor servo yg digunakan. Arus maksimum yg bisa dikontrol memakai skema rangkaian driver motor servo IC MC33030 maksimum yaitu 1 ampere. Oleh karenanya janganlah dipakai untuk mengatur motor servo dngn konsumsi arus lebih dari 1A, lantaran bisa mengakibatkan kerusakan IC MC33030 itu.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih