Cara Membuat Skema rangkaian Driver Motor Stepper Unipolar

By | December 17, 2013

Cara Membuat Skema rangkaian Driver Motor Stepper Unipolar – Skema rangkaian driver motor stepper tersebut dipakai untuk mengatur gerakan motor stepper unipolar. Dngn skema rangkaian driver motor stepper tersebut, gerakan motor stepper bisa dikendalikan dengan cara dua (2) arah dngn langkah mengatur logika high (1) maupun low (0) di input kontrol arah itu. Disamping input kontrol arah putar skema rangkaian tersebut skema rangkaian driver motor stepper tersebut pun membutuhkan pulsa kontrol step putaran motor stepper di jalur input clock, di mana frekuensi dari pulsa kontrol tersebut memastikan kecepatan putaran motor stepper.

Skema rangkaian Driver Motor Stepper Unipolar

Skema rangkaian driver motor stepper di atas memakai komponen utama berwujud suatu IC logika XOR (74LS86) & suatu IC JK flip-flop (74LS76). Rangkain dngn ke-2 IC itu berperan untuk membuahkan empat pulsa keluaran berurutan yg bisa berbalik urutannya dngn mengaplikasikan logika khusus di skema rangkaian. Skema rangkaian itu membutuhkan pulsa clock agar bisa beroperasi. Output skema rangkaian driver motor stepper tersebut ada empat (pin 15, 14, 11, 10 dari IC 74LS76).

Pin-pin itu bakal menghasilkan pulsa yg bisa menggerakkan motor stepper unipolar. Output skema rangkaian driver motor stepper tersebut tetap membutuhkan power driver untuk menggerakan motor stepper dngn daya yg besar. Hal tersebut lantaran kekuatan IC74LS76 dlm mengalirkan arus yg rendah. Untuk menghasilkan pulsa-pulsa dngn arus besar (kurang lebih 1 – 3 A) bisa memakai transistor dengan tipe daya NPN jenis TIP31 sbg solid state switch sbg power driver motor stepper.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih