Cara Membuat Skema rangkaian Equalizer 5 Chanel IC LA3600

By | January 24, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Equalizer 5 Chanel IC LA3600 – Skema rangkaian equalizer 5 chanel pada gambar di bawah adalah skema rangkaian pengatur suara audio jenis bar yg terbagi dalam 5 chanel pengaturan suara. Skema rangkaian equalizer tersebut memakai IC yg didesain khusus oleh produsen chip IC Sanyo sbg chip kontrol equalizer jenis bar.

Skema rangkaian equalizer 5 chanel memakai IC LA3600 tersebut jadi cukup sederhana, yakni cuma memerlukan kontrol frekuensi center setiap chanel saja untuk pengatur nada di system suara. Skema rangkaian equalizer 5 chanel dngn IC LA3600 tersebut membutuhkan sumber tegangan/voltage DC +12 volt teregulasi. Skema rangkaian lengkap beserta komponen penyusun equalizer 5 chanel tersebut bisa disimak pada gambar dibawah ini.

Skema rangkaian Equalizer 5 Chanel IC LA3600

Skema rangkaian equalizer 5 chanel yang ditunjukan pada gambar di atas bisa mensuply penguatan sinyal suara maksimum +12 dB di tiap-tiap chanel kontrol equalizer. & bisa lakukan pelemahan sinyal suara sebesar -12 dB di tiap-tiap chanel pengaturan suara di equalizer itu. Untuk seting frekuensi center setiap kanal pengatur suara di skema rangkaian equalizer yang ditunjukan pada gambar di atas bisa dikerjakan dngn mengatur nilai Capasitor 1 & Capasitor 2 di tiap-tiap kanal pengatur suara equalizer itu.

Skema rangkaian equalizer yang ditunjukan pada gambar di atas adalah skema rangkaian pengatur suara mono, hingga untuk membuat equalizer 5 chanel di system suara stereo butuh membuat skema rangkaian equalizer 5 chanel seperti yang ditunjukan pada gambar di atas sejumlah 2 unit. Power supply untuk skema rangkaian equalizer yang ditunjukan pada gambar di atas baiknya memakai power supply yg diregulasi memakai IC regulator. Lantaran skema rangkaian equalizer 5 chanel yang ditunjukan pada gambar di atas memerlukan tegangan/voltage sumber +12 volt DC sebaiknya power supplynya memakai IC regulator LM7812 supaya sumber tegangan/voltage kerja untuk skema rangkaian equalizer 5 chanel dngn IC LA3600 tersebut stabil.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih