Cara Membuat Skema rangkaian Equalizer Stereo 2 x 10 Chanel TL074

By | January 15, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Equalizer Stereo 2 x 10 Chanel TL074 – Skema rangkaian equalizer stereo tersebut adalah equalizer dngn 10 chanel mono yg di buat 2 rangkap hingga didapat equalizer stereo 2 x10 chanel stereo. Skema rangkaian equalizer tersebut adalah equalizer yg banyak dipakai & di jual dipasaran baik kit ataupun PCB untuk membuat equalizer stereo 2 x 10 chanel.

Skema rangkaian equalizer tersebut menggunakan penguat operasional (Op-Amp) yg disupply dngn sumber tegangan/voltage simetris ┬▒ 15 volt DC. Penguat operasional (Op-Amp) yg dipakai di skema rangkaian equalizer tersebut yaitu operasional audio amplifier (Op-Amp) jenis TL074. Gambar skema rangkaian & daftar komponen untuk membuat equalizer 2 x 10 chanel stereo tersebut bisa disimak pada gambar dibawah ini.

Skema rangkaian Equalizer Stereo 2 x 10 Chanel TL074

Skema rangkaian equalizer tersebut bisa mengatur level penguatan maupun pelemahan sinyal suara dari range frekuensi 32 Hz sampai 16 KHz. Pengaturan level bost (penguatan) & cut (pelemahan) sinyal suara untuk range frequensi suara di equalizer tersebut memakai potensiometer tipa bar. Skema rangkaian equalizer stereo 2 x 10 chanel tersebut memakai 6 buah IC jenis TL074, di mana setiap chanelnya terbagi dalam 3 unit IC TL074. Untuk membuat skema rangkaian equalizer 2 x 10 chanel stereo tersebut bisa memakai PCB yg ada di pasaran.

PCB untuk skema rangkaian equalizer 2 x 10 chanel tersebut di kenal dngn PCB equalizer 20 chanel. Untuk Merk PCB equalizer yg ada dipasaran ada banyak merk PCB salah satunya Saturn & Ronica. Di PCB skema rangkaian equalizer 2 x 10 chanel yg ada dipasaran skema rangkaian power supply untuk equalizer 2 x 10 chanel tersebut umumnya sudah disusun dlm 1 PCB, hingga tinggal memberikan transformer CT 18 volt 1A maupun 2 A.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih