Cara Membuat Skema rangkaian Hygrometer Sederhana

By | December 14, 2013

Cara Membuat Skema rangkaian Hygrometer Sederhana – Dua aspek lingkungan yg paling mengendalikan perasaan baik orang yaitu temperatur & kelembapan. Termometer bisa dngn gampang dibeli maupun di buat, namun hygrometer yg entah bagaimana agak kurang umum. Tetapi, kita barangkali bisa bikin suatu hygrometer elektronik sederhana, yg murah & cukup akurat.

Alat ukur yg diterangkan di sini mempekerjakan sensor IC Honeywell menurut tehnologi film tipis kapasitor/kondensator polimer. Ini benar-benar nyaman lantaran berikan sinyal keluaran AC & cukup bagus dikalibrasi yg nyaris linier dngn kelembapan relatif dari angin sekitarnya. Sensor tersebut memanglah mempunyai koefisien suhu kecil, & penting non-linearitas di tingkat kelembapan yg benar-benar rendah. Hal itu sudah diabaikan dlm design simpel tersebut, akan tetapi menggunakan Skema rangkaian Hygrometer Sederhana tersebut akhirnya cukup akurat.

Gambar Skema rangkaian Hygrometer Sederhana

Dehumidifier terhubung ke J1 mesti letakkan pin 2 & 4 ke tanah. Ini mesti sediakan pasokan seputar 12 Volt di pin 3, & mesti mempunyai kumparan relay 12 Volt yg dihubungkan pada 12 Volt & pin 1. Mesti ada dioda freewheeling dengan cara paralel dngn kumparan relay (katoda ke +12 V). Bila Kita tdk ingin mengontrol piranti eksternal, sudah pasti Kita bisa menyingkirkan Resistor 6 hingga 12, Dioda 1 hingga Dioda 3, Q1, & J1. Bila Kita memakai mtr. benar-benar peka (kurang dari 30╬╝A skala penuh), Kita bisa menyingkirkan U1, & berikan umpan mtr. langsung dari sensor dan cocokkan Resistor 2. Dngn demikian Skema rangkaian Hygrometer Sederhana jadi benar-benar sederhana.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih