Cara Membuat Skema rangkaian Indikator Baterai Mobil

By | May 10, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Indikator Baterai Mobil – Skema rangkaian indikator baterai mobil tersebut berperan untuk berikan info visual tegangan/voltage baterai di mobil. Skema rangkaian indikator baterai mobil tersebut bisa dipakai untuk memantau tegangan/voltage baterai maupun accumulator 12 volt. Skema rangkaian indikator baterai mobil tersebut di buat memakai IC driver LED LM3914. Di skema rangkaian indikator baterai mobil tersebut level tegangan/voltage baterai pada tunjukkan secara visual memakai nyala 10 buah LED.

Skema rangkaian indikator baterai mobil tersebut bisa memantau level tegangan/voltage baterai mobil yang berasal dari tegangan/voltage 8 sampai 12 volt. Keadaan baterai lemah divisualisasi dngn nyala LED merah & kondisi baterai full dngn nyala LED biru. Skema rangkaian indikator baterai mobil tersebut cukup sederhana & bisa di buat dngn tingkat kesuksesan yg tinggi lantaran seluruhnya komponen gampang didapat. dibawah ini gambar skema rangkaian untuk membuat skema rangkaian indikator baterai mobil.

Gambar Skema rangkaian Indikator Baterai Mobil

Skema rangkaian indikator baterai mobil yang ditunjukan pada gambar di atas bekerja dngn sumber tegangan/voltage 12 volt yg disupply yang berasal dari baterai mobil itu sendiri. Pada dasaarnya IC LM3914 yg dipakai di skema rangkaian indikator baterai di mobil tersebut yaitu IC driver LED yg kerap dipakai sbg VU display di piranti audio. Di skema rangkaian indikator baterai di mobil tersebut IC LM3914 itu diset sedemikian rupa hingga bisa menampilkan secara visual level tegangan/voltage baterai lewat nyala LED.

Sehabis usai perakitan skema rangkaian indikator baterai mobil tersebut butuh dialkukan seting sensitivitas & kalibrasi display LED dngn level tegangan/voltage baterai. Seting itu bisa dikerjakan perdana dngn mengatur tuas potensiometer Resistor 2 mejadi 10450 Ohm sbg seting pembagi tegangan/voltage input (baterai) lalu seting potensiometer Resistor 3 jadi 19000 Ohm supaya LED merah Dioda 1 menyala di level tegangan/voltage baterai 8 volt.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih