Cara Membuat Skema rangkaian Indikator Panas Air

By | April 7, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Indikator Panas Air – Skema rangkaian indikator panas air tersebut berperan untuk berikan sinyal maupun indikator di pemanas air dngn nyala LED yg menginterprestasikan nilai temperature panas air. Sensor yg dipakai untuk mendeteksi level panas air tersebut memakai 4 buah NTC untuk memperoleh 4 titik level temperature yang berasal dari suhu air yg dipanaskan. Skema rangkaian indikator panas air tersebut cukup sederhana & bisa disimak di gambar skema rangkaian dibawah ini.

Skema rangkaian Indikator Panas Air

Skema rangkaian indikator panas air tersebut bisa diterapkan di pemanas air untuk mandi maupun untuk berikan indikator panas air radiator di mesin. Skema rangkaian indikator panas air tersebut dapat berikan tanda indikasi panas air dlm 4 level yg diindikasikan dngn nyala LED. 4 level temperature panas air itu didapat dngn mendeteksi suhu air memakai 4 buah NTC & 4 buah komparator.

Suhu air yg di baca oleh sensor NTC dikonversikan sbg perubahan resistansi lalu dipakai untuk memperoleh pergantian tegangan/voltage memakai skema rangkaian pembagi tegangan/voltage NTC & resistor. Nilai perubahan tegangan/voltage itu dibandingkan dngn nilai tegangan/voltage rekomendasi oleh komparator tegangan/voltage yg di bangun yang berasal dari penguat operasional (Op-AMp) IC LM324.

Jika level tegangan/voltage hasil deteksi temperature lebih tinggi yang berasal dari tegangan/voltage rekomendasi maka komparator tegangan/voltage bakal berikan pergantian output & menyalakan LED yg terhubung. Sistem memperoleh 4 level temperature itu didapat dngn mengatur nilai perbandingan pembagi tegangan/voltage NTC & resistor dengan cara tidak sama untuk setiap sensor NTC memakai 4 buah potensiometer yg tidak sama (P1, P2, P3 & P4) untuk setiap NTC. Skema rangkaian indikator panas air tersebut bisa dioperasikan memakai tegangan/voltage +9 volt dai suatu baterai 9 volt hingga lebih flesibel dlm penempatannya.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih