Cara Membuat Skema rangkaian Indikator Tegangan AC Atau DC

By | December 13, 2013

Cara Membuat Skema rangkaian Indikator Tegangan AC Atau DC – Skema rangkaian Indikator Tegangan AC atau DC yaitu skema rangkaian elektronika yg dapat tunjukkan (berikan sinyal) perihal ada tegangan/voltage listrik AC/DC pada jalur itu. Skema rangkaian tersebut benar-benar dibutuhkan sekali mengingat anda saat ini hidup pada zaman listrik. Hampir seluruhnya sisi kehidupan telah serba elektrik di mana beberapa barang pelengkap keperluan hidup beroperasi dngn catu daya listrik. Nah bila satu saat, beberapa barang atau jalur instalasi listrik Kita terganggu/rusak, maka anda membutuhkan alat untuk mendeteksi ada-tidaknya voltage AC/DC di jalur itu.

Skema rangkaian Indikator Tegangan/voltage AC atau DC tersebut bukanlah hal yg baru, namun nyatanya benar-benar bermanfaat, sederhana & murah dan bernilai. Apabila probe positif (merah) dikaitkan ke tegangan/voltage positif DCdan probe hitam ke negatif, LED merah bakal menyala. Membalikkan polaritas LED hijau bakal menyala. Menghubungkan probe ke sumber AC ke-2 LED bakal naik/nyala. Bohlam membatasi Arus LED di 40mA @ 220V AC & filamen yg mulai menerangi dari kurang lebih 30V, bercahaya lebih terang sbg penambahan tegangan/voltage. Oleh karenanya, lantaran tingkah laku filamen bohlam, tiap-tiap tegangan/voltage di 1, 8 hingga kisaran 230V bisa dideteksi tanpa merubah nilai-nilai komponen.

Daftar komponen :

P1 memiliki tipe atau berukuran Probe Merah

P2 memiliki tipe atau berukuran Probe Hitam

D1 memiliki tipe atau berukuran LED warna merah 5 atau 3mm

D2 memiliki tipe atau berukuran LED warna hijau 5 atau 3mm

LP memiliki tipe atau berukuran 1220V 6W Filamen lampu bohlam

Skema rangkaian Indikator Tegangan/voltage AC atau DC tersebut benar-benar bermanfaat untuk Kita yg seseorang hobbyist elektronika ataupun teknisi. Oya, LED warna (Merah & Hijau) bisa dipakai pada tempat D1 & D2.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih