Cara Membuat Skema rangkaian Intercom Dengan Tombol PTT (Push To Talk)

By | January 12, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Intercom Dengan Tombol PTT (Push To Talk) – Skema rangkaian intercom tersebut bisa dipakai untuk berkomunikasi jarak jauh dngn media transmisi kawat e mail. Untuk berkomunikasi dngn intercom, minimum dlm jaringan komunikasi itu ada 2 unit maupun sepasang intercom yg sama-sama terhubung. Skema rangkaian intercom tersebut dilengkapi dngn tombol PTT (Push To Talk) yg berperan untuk kirim pesan ketika tombol ditekan.

Dngn tombol PTT tersebut keadaan cross talk komunikasi bakal dikurangi, lantaran pada waktu tombol PTT ditekan maka intercom tdk terima info dari lawan & cuma kirim info ke lawan bicara. Skema rangkaian & daftar komponen untuk membuat intercom dngn tombol PTT bisa disimak pada gambar dibawah ini.

Skema rangkaian Intercom Dngn Tombol PTT (Push To Talk)

Pada intinya skema rangkaian intercom dngn tombol PTT (Push To Talk) di atas terbagi dalam 2 bagian utama yakni :

Bagian penguat microphone,

yakni bagian yg berperan untuk menguatkan sinyal dari microphone. Skema rangkaian penguat mic pada skema rangkaian intercom tersebut di buat dngn penguat tegangan/voltage 2 tingkat memakai transistor dengan tipe BC109. Microphone yg dipakai pada intercom tersebut yaitu microphone type elktret maupun mic kondenser.

Bagian penguat suara,

bagian ini berfungsi untuk menguatkan sinyal suara dari penguat mic & sinyal suara dari jaringan komunikasi intercom yg ada. Skema rangkaian penguat suara untuk intercom tersebut memakai penguat suara IC LM380 yg dipakai untuk menggerakan loud speaker 8 ‚Ą¶. Pada penguat suara tersebut dilengkapi dngn potensiometer yg berperan untuk mengatur level sinyal suara yg dikuatkan. Skema rangkaian intercom dngn tombol PTT di atas disupplay dngn sumber tegangan/voltage + 12 volt DC dari sumber daya yg sudah digambar jadi satu dlm skema rangkaian intercom dngn tombol PTT di atas. Untuk membuat skema rangkaian intercom dngn tombol PTT di atas bisa dipakai PCB yg sudah dirancang sbg berikut.

PCB Skema rangkaian Intercom Dngn Tombol PTT (Push To Talk)

Tata Letak Komponen Skema rangkaian Intercom Dngn Tombol PTT (Push To Talk)

Gambar PCB di atas bisa dipakai untuk membuat PCB skema rangkaian intercom dngn tombol PTT di atas. Untuk tata letak komponen skema rangkaian intercom bisa disimak pada gambar tata letak komponen pada gambar PCB Tata letak komponen Skema rangkaian Intercom Dngn Tombol PTT (Push To Talk) di atas.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih