Cara Membuat Skema rangkaian Inverter DC 12V TO AC 220V 100W MOSFET

By | December 16, 2013

Cara Membuat Skema rangkaian Inverter DC 12V TO AC 220V 100W MOSFET – Skema rangkaian inverter tersebut berperan untuk merubah tegangan/voltage DC dari suatu accumulator 12 volt jadi tegangan/voltage AC 220 volt yg bisa dipakai untuk menyalakan lampu tegangan/voltage AC 220V. Skema rangkaian inverter tersebut memakai power berbentuk MOSFET & dapat berikan output 100 watt dngn bentuk gelombang square wave. Skema rangkaian inverter tersebut bisa dipakai untuk berikan sumber tegangan/voltage ke lampu rumah di waktu tdk ada listrik PLN. Skema rangkaian komplit & daftar komponen untuk membuat inverter DC 12V ke AC 220V 100W tersebut bisa di lihat di gambar dibawah ini.

Skema rangkaian Inverter DC 12V TO AC 220V 100W MOSFET

Skema rangkaian inverter DC to AC di atas memakai pembangkit gelombang berbentuk multivibrator astabil dngn IC CD4047. Skema rangkaian inverter tersebut bekerja di range frekuensi 50-60 Hz, di mana frekuensi kerja dari skema rangkaian inverter tersebut bisa diatur dngn mengatur posisi tuas variabel resistor/hambatan dengan ukuran VR 6 1 KOhm. Skema rangkaian inverter DC to AC di atas disusun dari bagian-bagian utama sbg dibawah ini.

  1. Pembangkit pulsa, skema rangkaian tersebut berperan untuk menghidupkan frekuensi kerja inverter, sisi tersebut di bangun dngn IC CD4047.
  2. Driver inverter, sisi tersebut berperan mengontrol system induksi transformer step up. komponen yg dipakai yaitu 2 unit MOSFT IRF540.
  3. Penaik tegangan/voltage (Tsep Up), sisi tersebut berperan untuk menaikan tegangan/voltage 12 volt jadi 220 volt AC. bagian tersebut mengunakan transformer 9V CT.

Prinsip kerja dari skema rangkaian inverter DC 12V ke AC 220V di atas yaitu sbg berikut.

Pulsa driver MOSFET IRF540 dibangkitkan oleh pembangkit pulsa IC CD4047, pulsa dari skema rangkaian multivibrator astabil tersebut yaitu 2 pulsa dngn fasa yg sama-sama berkebalikan 180┬░. Pulsa Q & Q itu dipakai untuk berikan driver ke gate MOSFET IRF540 dan bakal menginduksi transformato step up dengan cara bergantian. Hingga transformator step up bakal memperoleh induksi secara 2 arah dari titik CT. Lantaran sistem induksi itu maka di primer transformator bakal berikan tegangan/voltage AC induksi sebesar 220 volt dngn bentuk gelomabng kotak (square wave).

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih