Cara Membuat Skema rangkaian Kapasitansi Meter Sederhana

By | April 15, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Kapasitansi Meter Sederhana – Skema rangkaian kapasitansi meter pada gambar di bawah adalah satu diantara type kapasitansi meter yg simpel & murah untuk di buat. Skema rangkaian kapasitansi meter sederhana tersebut di bangun memakai IC 555 dngn dioda & uA meter analog. Skema rangkaian kapasitansi meter tersebut batas ukur dam multiplier yg bisa dikontrol memakai saklar selektor. Komponen yg dipakai untuk membuat skema rangkaian kapasitansi meter sederhana tersebut gampang didapat & murah. Untuk membuat skema rangkaian kapasitansi meter sederhana itu bisa disimak gambar skema rangkaian & komponen yg dipakai sbg berikut.

Gambar Skema rangkaian Kapasitansi Meter Sederhana

Skema rangkaian kapasitansi meter sederhana yang ditunjukan pada gambar di atas mempunyai batas ukur 5 taraf ukur yg bisa diatur memakai saklar selektor. & mempunyai 2 pilihan multiplier yakni 1 kali & 0, 5 kali yg bisa ditetapkan dngn menentukan posisi saklar selektor. Di sisi pemilih range batas ukur skema rangkaian kapasitansi meter sederhana tersebut pun dikuti penentuan pemakaian kapasitor/kondensator Cx yg harus ditetapkan pas dngn range batas ukur yg ditetapkan. Nilai Cx untuk setiap range batas ukur itu sudah ditetapkan sbg berikut :

Skema rangkaian kapasitansi meter tersebut dioperasikan dngn sumber tegangan/voltage DC +9 volt yg bisa diberikan memakai baterai 9 volt. untuk memperoleh akurasi pengukuran kapasitansi di kapasitor/kondensator memakai skema rangkaian kapasitansimeter sederhana tersebut, baiknya memakai komponen dngn mutu yg bagus. Untuk resistor baiknya memakai resistor/hambatan dengan ukuran toleransi 1%, kapasitor/kondensator elektrolit memakai type tantalum lalu kapasitor/kondensator yg lain mengunakan kapasitor/kondensator MKM & kertas untuk kapasitor/kondensator ukuran kecil.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih