Cara Membuat Skema rangkaian Kontrol Loudness

By | December 16, 2013

Cara Membuat Skema rangkaian Kontrol Loudness – Untuk memperoleh suatu reproduksi audio yg bagus di tingkat pendengaran yg tidak sama, penyusunan suara kontrol yg tidak sama dibutuhkan untuk sesuaikan dngn tingkah laku telinga orang. Juga, kepekaan telinga orang beragam dlm cara mendengar lewat pita frekuensi.

Pendekatan sederhana untuk persoalan tersebut bisa dikerjakan dngn memasukkan Skema rangkaian Kontrol Loudness dlm step Preamplifier, dapat memvariasi secara automatis tanggapan frekuensi dari semua rantai audio berkenaan dngn posisi kenop kontrol, untuk melindungi keadaan pendengaran yg ideal menurut tingkat pendengaran yg tidak sama.

Gambar Skema rangkaian Kontrol Loudness

Daftar komponen yg dibutuhkan :

P1 memiliki tipe atau berukuran 10K Potensiometer stereo

Resistor 1, Resistor 6, Resistor 8 memiliki tipe atau berukuran 100K 1/4W

Resistor 2 memiliki tipe atau berukuran 27K 1/4W

Resistor 3, Resistor 5 memiliki tipe atau berukuran 1K 1/4W

Resistor 4 memiliki tipe atau berukuran 1M 1/4W

Resistor 7 memiliki tipe atau berukuran 20K 1/2W Trimmer Cermet

Capasitor 1 memiliki tipe atau berukuran 100nF/63V

Capasitor 2 memiliki tipe atau berukuran 47nF/63V

Capasitor 3 memiliki tipe atau berukuran 470nF/63V

Capasitor 4 memiliki tipe atau berukuran 15nF/63V

Capasitor 5, Capasitor 9 memiliki tipe atau berukuran 1µF/63V

Capasitor 6, Capasitor 8 memiliki tipe atau berukuran 47µF/63V

Capasitor 7 memiliki tipe atau berukuran 100pF/63V kapasitor/kondensator keramik

IC1 memiliki tipe atau berukuran TL072 Dual BIFET Op-Amp

SW1 memiliki tipe atau berukuran Saklar DPDT

Untungnya, telinga orang tdk terlampau penting, hingga skema rangkaian agak sederhana bisa berikan kemampuan yg memuaskan lewat range 40dB.

Skema rangkaian Kontrol Loudness tersebut diperlihatkan dngn SW1 dlm posisi “kontrol-datar”, yakni tiada Kontrol Loudness Automatis. Dlm posisi tersebut skema rangkaian melakukan tindakan sbg step Preamplifier linier, dngn gain tegangan/voltage yg diputuskan oleh fasilitas Pemangkas Resistor 7. Switching SW1 dlm posisi berlawanan jadi Kontrol Loudness Automatis & tanggapan frekuensi beragam berkenaan dngn posisi kenop kontrol. Capasitor 1 menambah frekuensi rendah & Capasitor 4 menambah yg lebih tinggi. Peningkatkan maksimum di frekuensi rendah dibatasi oleh Resistor 2 ; Resistor 5 lakukan hal yg sama di frekuensi tinggi.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih