Cara Membuat Skema rangkaian Kontrol Motor Servo Dngn IC 555

By | December 17, 2013

Cara Membuat Skema rangkaian Kontrol Motor Servo Dngn IC 555 – Skema rangkaian kontroler motor servo pada gambar di bawah adalah satu diantara contoh kontroler motor servo simpel. Skema rangkaian kontroler motor servo tersebut memakai IC NE555 sbg pembangkit pulsa kontrol putaran motor servo. Seting dari pembangkit pulsa IC NE555 tersebut yaitu astabiol multivibrator dngn frekuensi kerja 50 Hz dngn periode pulsa 20 ms & lebar pulsa pusitif (duty cycle) bisa diatur.

Skema rangkaian kontroler motor servo tersebut bisa dioperasikan menggunakan sumber tegangan/voltage + 6 volt DC. Pengaturan gerakan motor servo dngn skema rangkaian kontrol motor servo tersebut dikerjakan dngn mengatur tuas potensiometer 100 KOhm. skema rangkaian lengkap & daftar komponen untuk membuat skema rangkaian kontroler motor servo bisa di lihat pada gambar dibawah ini.

Skema rangkaian Kontrol Motor Servo Dngn IC 555

Motor servo yaitu motor DC yg gerakannya bisa diatur memakai pulsa kontrol & bakal bekerja secara maksimal di frekuensi pulsa 50 Hz. Motor servo bisa dikendalikan gerakannya dngn langkah mengatur lebar pulsa kontrolnya, di mana bakal bergerak searah jarum jam jika lebar pulsa ositif pulsa kontrol lebih dari 1, 5 ms & bakal bergerak berlawanan arah jarum jam jika lebar pulsa positifnya kurang dari 1, 5 ms. Jalur output kontrol motor servo di ambil dari pin 3 IC NE555 & dihubungkan ke pin signal motor servo.

Sinyal kontrol tersebut bakal mengatur gerakan motor servo yg diatur oleh skema rangkaian kontrol motor servo lewat potensiometer 100 KOhm di skema rangkaian itu. Potensiometer 100 KOhm di skema rangkaian kontroler di atas bakal mengatur periode pulsa positif untuk kontrol motor servo dari 0, 9 ms sampai 2, 1 ms. Dngn variasi lebar pulsa positif dari 0, 9 – 2, 1 ms itu maka motor servo bisa diatur gerakannya dari keadaan berhenti bergerak searah jarum jam, posisi berhenti di tengah & bergerak berlawanan arah jarum jam.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih