Cara Membuat Skema rangkaian Kontrol Nada Suara

By | December 7, 2013

Cara Membuat Skema rangkaian Kontrol Nada Suara – Pada dasarnya skema/rangkaian kontrol suara adalah bagian dari suatu penguat (amplifier) yg memegang fungsi penting sekali di dlm memastikan mutu Hi-Fi (High-Fidelity) yg dihasilkan suatu piranti audio (audio piranti). Oleh karenanya tidaklah mengherankan apabila suatu kontrol suara (tone control) senantiasa dirancang sedemikian rupa supaya dapat menghasilkan mutu audio yg maksimal. Dngn mutu & konfigurasi dari komponen yg cukup, maka sekurang-kurangnya memiliki satu wujud skema/rangkaian yg bisa dihandalkan.

Skema/rangkaian Kontrol Suara yg di sajikan di tulisan kali ini tdk demikian susah bila Anda akan merakitnya sendiri. Disamping komponen-komponen yg diperlukan gampang didapat pada beberapa toko elektronik di tempat Anda, skema/rangkaian tersebut pun sudah didesain sedemikian rupa hingga penuhi mutu & berkwalitas tinggi. Komponen dasar atau komponen utama dari skema/rangkaian tersebut yaitu suatu IC jenis LM833 yg di produksi oleh National Semiconductor. Menurut datasheet, IC LM833 tersebut memiliki dua buah gerbang op-amp di mana op-amp dari IC tersebut memiliki keunggulan sendiri. Keunggulan itu salah satunya yaitu noisenya (derau) benar-benar rendah, penguatan lebar pita band cukup tinggi, & slew rate-nya rendah, hanya seputar 7V/us.

Gambar Skema/rangkaian Kontrol Nada

Daftar komponen :

Resistor 1 Memiliki tipe atau berukuran 10K

Resistor 2 Memiliki tipe atau berukuran 10K

Resistor 3 Memiliki tipe atau berukuran 10K

Resistor 4 Memiliki tipe atau berukuran 10K

Resistor 5 Memiliki tipe atau berukuran 10K

Resistor 6 Memiliki tipe atau berukuran 10K

Resistor 7 Memiliki tipe atau berukuran 1K8

Resistor 8 Memiliki tipe atau berukuran 1K8

Resistor 9 Memiliki tipe atau berukuran 1K8

Resistor 10 Memiliki tipe atau berukuran 1K8

Resistor 11 Memiliki tipe atau berukuran 1K8

Resistor 12 Memiliki tipe atau berukuran 1K8

Resistor 13 Memiliki tipe atau berukuran 100K

Resistor 14 Memiliki tipe atau berukuran 100K

Resistor 15 Memiliki tipe atau berukuran 100K

Capasitor 1 Memiliki tipe atau berukuran 2u2

Capasitor 2 Memiliki tipe atau berukuran 1nF

Capasitor 3 Memiliki tipe atau berukuran 56nF

Capasitor 4 Memiliki tipe atau berukuran 4n7

Capasitor 5 Memiliki tipe atau berukuran 22nF

Capasitor 6 Memiliki tipe atau berukuran 4n7

Capasitor 7 Memiliki tipe atau berukuran 100nF

Capasitor 8 Memiliki tipe atau berukuran 100nF

A1 Memiliki tipe atau berukuran IC LM833

A2 Memiliki tipe atau berukuran IC LM833

Bila kita cermati dari gambar skema/rangkaian Kontrol Suara di atas, maka di situ bakal tampak bahwasanya gerbang input op-amp A1 dihubungkan sbg penyangga balik. & di input tiada pembaliknya (non inverting) dikaitkan dngn resistor/hambatan dengan ukuran yg berkapasitas 10K. Hal tersebut dikerjakan untuk sesuaikan arus yg masuk dengan cara langsung di ke-2 input itu.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih