Cara Membuat Skema rangkaian Kontrol Penguat Gitar

By | December 9, 2013

Cara Membuat Skema/rangkaian Kontrol Penguat Gitar – Skema/rangkaian tersebut diisi kontrol suara tiga band atau tiga tingkat pemilih input sementara yg di dukung sumber baterai 9 V. Tanda yg dihasilkan oleh pick-up gitar bisa dikontrol oleh skema/rangkaian tersebut dengan cara khusus terkait dngn jenis kontak bug yg diaplikasikan untuk instrumen akustik. Hal tersebut tunjukkan bahwasanya skema/rangkaian dapat dipakai dngn semua type pick-up & instrumen. Untuk mengatasi nyaris seluruhnya type jenis & pick-up, pemilih input di buat untuk sesuaikan sensitivitas input dngn menghadirkan -10 dB, 0 dB, +10 dB & nilai preset. Lantaran skema/rangkaian tersebut konsumsi arus yg rendah, waktu hidup baterai di pastikan bertahan lebih lama.

Suatu penguat pembalik dibentuk dngn memakai op-amp IC1A dngn tiga langkah penyusunan gain untuk penguat tersebut. Hal tersebut bisa saja dngn memasukkan resistor yg tidak sama dngn nilai yg berlainan dengan cara paralel untuk Resistor 4. Suatu kontrol tiga suara aktif terbagi dalam bass, medium, & treble, mengikuti step input & ditata oleh potensiometer linier P1 untuk P3. Saat Skema/rangkaian Kontrol Penguat Gitar ditata dlm posisi tengah, mereka membuahkan gain sementara yg di bangun pada semua IC1B.

Gambar Skema/rangkaian Kontrol Penguat Gitar

Daftar komponen :

P1, P2 Memiliki tipe atau berukuran 100K Potensiometer

P3 Memiliki tipe atau berukuran 470K Potensiometer

P4 Memiliki tipe atau berukuran 10K Potensiometer

Resistor 1 Memiliki tipe atau berukuran 150K 1/4W

Resistor 2 Memiliki tipe atau berukuran 220K 1/4W

Resistor 4 Memiliki tipe atau berukuran 470K 1/4W

Resistor 5, Resistor 6, Resistor 7 Memiliki tipe atau berukuran 12K 1/4W

Resistor 8, Resistor 9 Memiliki tipe atau berukuran 3K9 1/4W

Resistor 10, Resistor 11 Memiliki tipe atau berukuran 1K8 1/4W

Resistor 12, Resistor 13 Memiliki tipe atau berukuran 22K 1/4W

Capasitor 1 Memiliki tipe atau berukuran 220nF/63V

Capasitor 2, Capasitor 8 Memiliki tipe atau berukuran 4µ7/63V

Capasitor 3 Memiliki tipe atau berukuran 47nF/63V

Capasitor 4, Capasitor 6 Memiliki tipe atau berukuran 4n7/63V

Capasitor 5 Memiliki tipe atau berukuran 22nF/63V

Capasitor 7, Capasitor 9 Memiliki tipe atau berukuran 100µF/25V

IC1 Memiliki tipe atau berukuran TL062 BIFET Dual Op-Amp

J1, J2 Memiliki tipe atau berukuran 6. 3mm soket jack mono

SW1 Memiliki tipe atau berukuran saklar geser

SW2 Memiliki tipe atau berukuran saklar SPST

B1 Memiliki tipe atau berukuran baterei 9V PP3

Tanggapan frekuensi dari Kontrol Penguat Gitar rata-rata berkisar pada 20 Hz hingga 20 KHz. Rentang frekuensi suara kontrol yaitu 15 dB di 30 Hz, 19 dB di 1 kHz, & 16 dB di 10 kHz. Arus keseluruhan yg ditarik oleh skema/rangkaian itu yaitu kurang dari 800 UA sedang distorsi harmonik keseluruhan di output 1 V RMS yaitu kurang dari 0, 01% walau tegangan/voltage output maksimum tdk terdistorsi dari skema/rangkaian itu yaitu 2, 5 V RMS.

Kontrol Penguat Gitar pada pasaran umumnya mempunyai penyusunan untuk input, equalizer suara, & master volume/gain kontrol. Ada preamplifier gitar dirancang untuk gitar akustik atau kuningan & mereka umumnya dilengkapi dngn 3 hingga 4 kontrol suara. Sebagian didesain sbg preamplifier gitar akustik yg bekerja dngn langkah mengatasi keadaan lingkungan akustik atau hidup. Feature lain dari Skema/rangkaian Kontrol Penguat Gitar tersebut yaitu penentuan amplifier, kontrol drive, & monitor earphone.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih