Cara Membuat Skema rangkaian Kontrol Pompa Air Otomatis

By | December 17, 2013

Cara Membuat Skema rangkaian Kontrol Pompa Air Otomatis – Skema rangkaian kontrol pompa air automatis adalah skema rangkaian sederhana yg berperan untuk mengontrol pompa air dengan cara automatis. Dngn skema rangkaian kontrol pompa air automatis tersebut maka mesin pompa air bakal menyala sendiri di waktu level air di penampungan habis & bakal mati sendiri di waktu air di penampungan aiar penuh. Skema rangkaian kontrol pompa air tersebut memakai 3 buah sensor level yg berperan untuk mendeteksi level penuh, level tengah & level air habis.

Ketiga sensor tersebut diletakan di penampungan air, sensor tersebut berbentuk kawat konduktor. Skema rangkaian kontrol pompa air automatis tersebut memakai relay sbg interface pada skema rangkaian kontrol & pompa air yg bekerja dngn sumber tegangan/voltage AC 220 volt. Skema rangkaian utama dari “Rangkaian Kontrol Pompa Air Otomatis” yaitu suatu SR Flip-Flop yg dipakai untuk mengatur relay dari input level air di bak penampungan. Untuk merakit maupun membuat sendiri skema rangkaian kontrol pompa air automatis tersebut bisa di lihat gambar skema rangkaian & komponen yg dipakai pada gambar dibawah ini.

Gambar Skema rangkaian Kontrol Pompa Air Otomatis

Sistem pendeteksian level air di bak penampungan oleh “Rangkaian Kontrol Pompa Air Otomatis” tersebut yaitu membaca level logika sensor yg gunakan di bak penampungan air. Disamping 3 buah sensor, di penampungan air itu diletakan jalur ground sampai dasar bak penampungan air. Di waktu sensor terkena air maka level logika sensor itu bakal LOW lantaran terhubung ke ground lewat air. & di waktu tdk tersentuh air maka berlogika HIGH lantaran tdk terhubung ke ground.

Di waktu ketiga sensor berlogikan HIGH maka skema rangkaian bakal mengaktifkan relay untuk menyalakan mesin pompa air, lalu bak air terisisi, hingga secara berturut-turut sensor paling rendah berlogika LOW, lalu sensor tengah berlogikan LOW & paling akhir sensor atas berlogika LOW. Di waktu ke 3 sensor LOW maka skema rangkaian mematikan relay untuk mematikan pompa air. Keadaan tersebut bakal jalan terus-terusan dengan cara automatis, hingga mesin pompa air bekerja dengan cara automatis untuk isi air pada bak penampungan air di waktu air menyentuh titik paling rendah & mesin pompa air bakal mati sendiri di waktu air menyentuh titik paling atas sensor.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih