Cara Membuat Skema rangkaian Konverter DC Ke AC

By | December 12, 2013

Cara Membuat Skema rangkaian Konverter DC Ke AC – Skema rangkaian Konverter DC ke AC yaitu skema rangkaian elektronika yg dapat merubah (convert) tegangan/voltage DC (searah) ke AC (bolak-balik). Skema rangkaian sederhana tersebut terbagi dalam pembangkit pulsa & system saklar (switching) transformer step-up tegangan/voltage. Skema rangkaian tersebut benar-benar dianjurkan untuk dimiliki karena bisa merubah tegangan/voltage DC +12 volt jadi tegangan/voltage AC 220 volt.

Skema rangkaian tersebut benar-benar simpel lantaran cuma memerlukan kurang dari 12 komponen untuk bangun konverter DC ke AC. Prinsip Skema rangkaian Konverter DC ke AC tersebut membuahkan frekuensi 50/60Hz dari IC CD4047 & output pelengkap pin 10 & 11 dari IC CD4047 untuk mendorong MOSFET IRFZ 44 hingga induksi transformator primer bekerja & memperoleh tegangan/voltage tinggi di output transformator sekunder kurang lebih 220 V AC. Output gelombang konverter tetap gelombang persegi & lebih dekat dngn gelombang sinus dngn filter Capasitor 3 220nF.

Gambar Skema rangkaian Konverter DC ke AC

Daftar komponen :

Resistor 1 memiliki tipe atau berukuran 12K

Resistor 2 memiliki tipe atau berukuran 1K

Resistor 3 memiliki tipe atau berukuran 1K

Resistor 4 memiliki tipe atau berukuran 220

Capasitor 1 memiliki tipe atau berukuran 0. 33uF

Capasitor 2 memiliki tipe atau berukuran 0. 047uF

Capasitor 3 memiliki tipe atau berukuran 220nF

CD4047

MOSFET IRFZ 44

Transformator 5-10A

B memiliki tipe atau berukuran 12 V

Supaya bisa semakin banyak output arus tinggi (watt), maka mesti memakai baterai arus tinggi & MOSFET mesti paralel. Umpamanya untuk memperoleh output 240W baterai yg dipakai yaitu 20A. Atau bila Kita memakai 24V CT transformator Kita cuma hanya memakai baterai 24V/10A. Jadi begitu bergunanya Skema rangkaian Konverter DC ke AC tersebut untuk penuhi suplai piranti Kita.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih