Cara Membuat Skema rangkaian Lampu Berjalan AC 220V

By | December 19, 2013

Cara Membuat Skema rangkaian Lampu Berjalan AC 220V – Skema rangkaian lampu berjalan AC 220 Volt tersebut bisa mengendalikan 6 buah lampu AC 220V. Skema rangkaian lampu jalan AC 220V tersebut memakai SCR untuk menyalakan lampu AC 220V lewat skema rangkaian kontrol DC. Sumber tegangan/voltage kerja untuk bagian kontrol, rangkian tersebut memakai tegangan/voltage DC +6 volt. Skema rangkaian kendali pada lampu berjalan AC 220V tersebut memakai IC decade ring counter IC CD4017 & pembangkit pulsa memakai multivibrator astabil IC NE555. Gambar skema rangkaian & daftar komponen untuk membuat maupun merakit skema rangkaian lampu jalan AC220V tersebut bisa di lihat pada gambar dibawah ini.

Skema rangkaian Lampu Jalan AC 220V

Skema rangkaian lampu jalan AC 220V pada gambar di atas terbagi dalam bagian-bagian sbg berikut.

Pembangkit pulsa, bagian tersebut berperan untuk membangkitkan pulsa input decade ring counter IC CD4017. Pulsa yg dihasilkan berperan untuk mengatur kecepatan & lamanya lampu menyala di setiap segemnnya. Komponen yg dipakai untuk membangkitkan pulsa yaitu IC multivebrator NE555 yg diset sbg astabil multivibrator.

Ring counter, bangian ini berperan untuk mengatur perubahan hidup lampu. Komponen yg dipakai yaitu IC CD4017. Dngn ring counter CD4017 maka hidup lampu bakal terlihat jalan dari L1 -L6 dngn lampu yg menyala cuma 1 setiap putaran.

Saklar AC, sisi tersebut berperan untuk menyalakan ampu AC memakai sinyal kontrol DC dari pergeseran logika HIGH di output ring counter CD4017. Komponen yg diguankan sbg saklar AC di skema rangkaian lampu jalan di atas yaitu SCR. Power supply di skema rangkaian lampu berjalan AC 220V di atas pada ground skema rangkaian kontrol & skema rangkaian beban AC 220V jadi 1. Hingga seluruhnya jaringan di skema rangkaian lampu jalan AC 220V di atas tdk bisa disentuh di waktu terhubung ke jaringan listrik PLN. Kecepatan pergeseran & hidup lampu di skema rangkaian lampu jalan di atas dtentukan oleh pulsa dari bagian astabil multivibrator IC NE555. Untuk mengatur kecepatan & hidup lampu itu bisa dilakuan dngn mengatur tuas variabel resistor/hambatan dengan ukuran (VR1) di skema rangkaian lampu jalan AC 220V di atas.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih