Cara Membuat Skema rangkaian Lampu Dimmer Dengan TRIAC

By | December 19, 2013

Cara Membuat Skema rangkaian Lampu Dimmer Dengan TRIAC – Skema rangkaian lampu dimmer dngn TRIAC berperan sbg alat untuk mengatur intensitas hidup lampu AC (lampu Pijar). Skema rangkaian lampu dimmer dngn TRIAC tersebut benar-benar sederhana & bisa dipakai untuk mengontrol intensaitas hidup AC 220V dngn daya sampai 200 watt. Skema rangkaian lampu dimmer tersebut di bangun memakai TRIAC sbg komponen utama & sebagian komponen penambahan untuk mengontrol bias gate TRIAC. Lampu dimmer dngn TRIAC tersebut bisa dipakai untuk mengontrol lampu dngn tegangan/voltage kerja AC 110 volt sampai 220 volt. gambar skema rangkaian & daftar komponen untuk membuat skema rangkaian lampu dimmer dngn TRIAC bisa disimak pada gambar dibawah ini.

Skema rangkaian Lampu Dimmer Dengan TRIAC

Skema rangkaian lampu dimmer pada gambar skema rangkaian di atas di bangun dngn TRIAC jenis BT138 yg dikontrol memakai DIAC jenis BR100 & potensiometer P1 220KOhm. Intensitas hidup lampu di skema rangkaian lampu dimmer dngn TRIAC tersebut dikontrol dngn langkah mengatur arus yg diberikan ke bola lampu lewat TRIAC. Secara tehnis pengontrolan intensitas sinar lampu dikerjakan dngn mengatur tuas potensiometer P1 220 KOhm. Arus output di lampu dikendalikan oleh tegangan/voltage gate TRIAC TR1 lewat DIAC BR100 dari output pembagi tegangan/voltage potensiometer P1.

Semikin tinggi tegangan/voltage yg diberikan ke gate TRIAC TR1 maka arus yg diberikan ke beban bakal makin besar. Untuk beban lampu yg besar TRIAC TR1 BT138 memerlukan pendingin (heat sink) kecil untuk meredam panas yg timbul lantaran kerja TRIAC. Skema rangkaian lampu dimmer dngn TRIAC tersebut benar-benar sederhana & bisa di buat dngn gampang memakai PCB lubang maupun tanpa memakai PCB. Skema rangkaian lampu dimmer dngn TRIAC tersebut bekerja dngn sumber tegangan/voltage AC 220 Volt yg beresiko. Janganlah menyentuh jalur rangkaan lampu dimmer di waktu skema rangkaian beroperasi.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih