Cara Membuat Skema rangkaian Lampu Dimmer Sederhana

By | January 30, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Lampu Dimmer Sederhana – Lampu dimmer yaitu lampu yg intensitas nyala lampunya bisa diatur. Skema rangkaian lampu dimmer tersebut benar-benar sederhana & bisa dipakai untuk mengatur nyala lampu denga daya 100 watt. Skema rangkaian lampu dimmer tersebut memakai komponen utama berbentuk TRIAC sbg power driver skema rangkaian dimmer.

Skema rangkaian lampu dimmer pada gambar dibawah ini benar-benar sederhana lantaran cuma dibagun dngn 5 buah komponen saja. Skema rangkaian lampu dimmer tersebut bisa dipakai di jaringan listrik PLN 220 volt 1 phase maupun di jaringan listrik 110 volt 1 phase bergantung dari bola lampu yg dipakai. Skema rangkaian lampu dimmer sederhana tersebut gampang di buat & dirakit secara langsung, untuk lebih detilnya bisa disimak pada gambar skema rangkaian lampu dimmer sederhana dibawah ini.

Skema rangkaian Lampu Dimmer Sederhana

Skema rangkaian lampu dimmer sederhana di atas memakai TRIAC TIC226D sbg power drivernya. Intensitas nyala lampu di skema rangkaian dimmer sederhana di atas dikendalikan lewat potensiometer 100 KOhm. Level bias tegangan/voltage untuk gate TRIAC dikontrol lewat potensiometer 100 KOhm lalu di searahkan oleh DIAC & direspon oleh TRIAC sbg tegangan/voltage bias TRIAC di mana makin tingi level tegangan/voltage bias itu maka nyala lampu yg dikendalikan memakai ranggkaian dimmer tersebut bakal makin terang begitu pula sebaliknya makin rendah tegangan/voltage bias yg di terima TRIAC maka makin redup lampu yg dikendalikan oleh skema rangkaian dimmer sampai pada akhirnya padam di waktu tegangan/voltage bias terlampau rendah & tdk cukup untuk bias terminal gate TRIAC.

NB : Skema rangkaian lampu dimmer tersebut cuma dipakai untuk lampu pijar saja, semua jalur di skema rangkaian lampu dimmer sederhana di atas bekerja di jaringan listrik PLN. Janganlah menyentuh jalur pengkabelan skema rangkaian lampu dimmer di atas lantaran bisa tesengat aliran listrik PLN.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih