Cara Membuat Skema rangkaian Lampu Emergency Dengan LED

By | March 23, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Lampu Emergency Dengan LED – Skema rangkaian lampu emergency di skema rangkaian di bawah yaitu contoh skema rangkaian emergency yg memakai lampu berbentuk LED (Light Emithing Diode). Skema rangkaian lampu emergency maupun kerap pula dimaksud emergency lamp pada dasarnya yaitu skema rangkaian elektronika yg dapat mendeteksi ada tidaknya tegangan/voltage di jaringan listrik komersial, apabila tdk ada aliran listrik maka skema rangkaian bakal menyalakan lampu emregency memakai batere yg terinstal di skema rangkaian lampu emergency & sebaliknya apabila ada aliran listrik maka lakukan pengisian batere. Skema rangkaian lampu emergency pada gambar dibawah ini yaitu satu diantara type lampu emergency yg mengaplikasikan cara itu. Skema rangkaian lampu emergency dngn LED dengan cara detail dapat disimak pada gambar dibawah ini.

Skema rangkaian Lampu Emergency Dengan LED

Skema rangkaian lampu emergency dngn LED di atas terbagi dalam bagian-bagian sbg dibawah ini :

Sisi power supply, yakni konfigurasi transfomer X1, dioda Dioda 1 & Dioda 2, & Capasitor 1.

Sisi penyearah tersebut berperan untuk sediakan tegangan/voltage charge batere & tegangan/voltage kerja bagian skema rangkaian lampu emergency yg lain.

Sisi detektor jaringan listrik, sisi tersebut yaitu relay RL1 & dioda Dioda 3. Relay RL1 berperan sbg selektor automatis yg bakal mendistribusikan tegangan/voltage charge batere di waktu ada aliran listrik komersial & bakal mendistribusikan tegangan/voltage dari batere ke lampu LED jika aliran listrik komersial tdk ada.

Keadaan tersebut berjalan automatis lantaran jalur charge dihubungkan di teminal NO (Normaly Open) relay hingga di waktu ada aliran listrik relay memperoleh tegangan/voltage dari sisi power supply lalu terminal NO relay ON & poses charge batere berjalan. Lalu di waktu aliran listrik komersial tdk ada maka relay OFF di mana terminal NC (Normaly Close) menhubungkan batere dngn lampu LED hingga LED menyala.

Sisi charger batere, sisi tersebut berperan untuk lakukan pengisian batere dengan cara automatis di waktu ada aliran listrik komersial. Sisi tersebut di bangun dngn regulator tegangan/voltage 6, 8 volt DC yg terbagi dalam transistor dengan tipe T1 BD139, resitor Resistor 1 & dioda zener ZD1 6, 8 volt.

Sisi lampu, tersebut digantikan dngn skema rangkaian LED (Light Emithing Diode) yg menggantikan manfaat lampu penerangan di waktu listrik komersial padam. Untuk medapatkan hidup lampu emergency yg lebih terang skema rangkaian LED tersebut bisa di paralel semakin banyak lagi.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih