Cara Membuat Skema rangkaian Lampu LED 12V Untuk Motor

By | December 19, 2013

Cara Membuat Skema rangkaian Lampu LED 12V Untuk Motor – Skema rangkaian lampu LED 12 volt tersebut ditujukan untuk pemakaian di kendaraan bermotor. Maksud dari skema rangkaian lampu LED 12 volt tersebut yaitu untuk membuat lampu variasi di kendaraan bermotor yg bisa menyala dngn jelas & tahan lama. LED (Light Emithing Diode) yaitu dioda yg bisa pancarkan sinar pada waktu memperoleh bias maju. Tegangan/voltage kerja LED yaitu 3 volt DC & arus optimal yg bisa mengalir di LED cuma 20 mA, oleh karenanya untuk aplikasi sbg lampu variasi di kendaraan bermotor butuh dirangkai secara khusus supaya LED bisa menyala dngn jelas & tahan lama. Dibawah ini yaitu langkah menempatkan lampu LED di kendaraang bermotor maupun mobil.

Skema rangkaian Lampu LED 12V (9 LED) Untuk Motor

Skema rangkaian kombinas lampu LED untuk motor di atas yaitu satu diantara contoh merakit LED yg dipakai di lampu variasi kendaraan bermotor. 3 buah LED itu dirangkai dengan cara SERI lalu dipasang resistor pembatas arus 80 Ohm. Dngn konfigurasi seperti di atas LED bakal menyala dngn jelas & tahan lama lantaran arus yg mengalir di LED tdk lebih dari 40 mA & terdiri ke jaringan lampu LED seri yg lain.

Untuk menambahkan jumlah LED bisa dilaksanakan dngn membuat jaringan seperti pada contoh skema rangkaian lampu LED 12V untuk motor di atas jadi sebagian unit lalu merangkaian unit-unit skema rangkaian lampu LED itu dengan cara parallel. Contoh hendak merangkai lampu LED 12V dngn 21 buah LED maka bisa dirangkai sbg dibawah ini.

Skema rangkaian Lampu LED 12V (21 LED) Untuk Motor

Dngn konfigurasi 21 LED yg dirangkai seperti pada gambar di atas maka lampu LED di lampu variasi motor bakal lebih jelas & tahan lama. Arus yg mengalir di setiap LED di lampu LED 12V untuk motor di atas tdk melebihi 40 mA baik dirangkai dlm 9 buah LED ataupun 21 LED. Untuk hasil yg optimal dari pembuatan lampu variasi kendaraan bermotor dngn LED baiknya digunakan LED type “super bright” lantaran LED type tersebut bisa menyala jauh lebih jelas & kekuatan mengalirkan arus yg semakin besar dari LED standart.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih