Cara Membuat Skema rangkaian Lampu Malam Otomatis Dengan Alarm Pagi

By | December 13, 2013

Cara Membuat Skema rangkaian Lampu Malam Otomatis Dengan Alarm Pagi – Skema rangkaian Lampu Malam Otomatis tersebut menyala saat lampu kamar dimatikan. Lampu terus ‘on’ hingga sensor sinar rasakan bersinarnya hari pada pagi hari. Suatu LED putih super terang dipakai sbg lampu malam. LED Tersebut berikan sinar terang & sejuk di dlm ruangan. Saat sensor mendeteksi sinar hari pada pagi hari, alarm pagi merdu terdengar. Skema rangkaian tersebut di dukung oleh transformator standard 9V. Dioda D1 hingga D4 melakukan perbaikan tegangan/voltage AC & tegangan/voltage yg dihasilkan DC dihaluskan oleh Capasitor 1.

IC regulator 7806 mengatur arus 6V DC ke skema rangkaian. Suatu baterai cadangan disiapkan untuk daya sirkuit saat listrik padam. Saat pasokan listrik ada, baterai isi ulang 9V terisi lewat dioda D5 & Resistor 1 dngn arus yg cukup konstan. Dlm hal kegagalan listrik, baterai dengan cara automatis mengambil muatan tanpa penundaan apa pun. Diode D5 menahan baterai dari penggunaan mundur menyusul kegagalan listrik & dioda D6 sediakan jalur arus dari baterai.

Skema rangkaian Lampu Malam Automatis memakai Light Dependant Resistors (LDR) untuk merasakan kegelapan & sinar pada ruangan. Hambatan dari LDR benar-benar tinggi dlm kegelapan, yg kurangi ke minimal saat LDR seutuhnya diterangi. LDR1 mendeteksi kegelapan, sementara LDR2 mendeteksi sinar pada pagi hari. Skema rangkaian tersebut dirancang pada sekitar IC timer popular NE555 (IC2), yg dikonfigurasi sbg suatu monostable.

IC2 diaktifkan oleh pulsa rendah yg diaplikasikan untuk menyebabkan pin 2. Sekali terpicu, output pin 3 dari IC2 naik & terus dlm posisi itu hingga IC2 dipicu lagi di pin 2. Saat LDR1 diterangi dngn sinar ambient pada ruangan, ketahanan tetap rendah yg menyebabkan pin 2 dari IC2 di potensi positif. Mengakibatkan, ouput pin 3 dari IC2 turun & LED putih tetap mati. Sepanjang pencahayaan jendela peka LDR1 itu menyusut, resistansi piranti meningkat.

Gambar Skema rangkaian Lampu Malam Otomatis Dengan Alarm Pagi

Dlm kegelapan keseluruhan, LDR mempunyai ketahanan yg melebihi 280 kilo-ohm. Saat resistensi dari LDR1 meningkat, pulsa pendek diaplikasikan untuk menyebabkan pin 2 dari IC2 lewat Resistor 2 (150 kilo-ohm). Ini mengaktifkan monostable & outputnya naik mengakibatkan LED putih bercahaya. Nilai rendah Capasitor 2 menjaga monostable untuk selalu beroperasi, menyingkirkan efek timer. Dngn menambah nilai Capasitor 2, ‘on’ waktu LED putih bisa sesuai dngn waktu yg sudah ditetapkan. LDR2 & komponen berkenaan membuahkan alarm pagi waktu fajar.

LDR2 mendeteksi sinar ambient pada ruangan waktu matahari terbit & ketahanan dengan cara bertahap jatuh & transistor T1 mulai bekerja. Saat T1 bekerja, pembangkit melodi IC UM66 (IC3) memperoleh suplai tegangan/voltage dari emitor T1 & mulai menghasilkan melodi. Sekianlah Skema rangkaian Lampu Malam Otomatis bekerja & bangunkan Kita dngn alarm paginya pada saat pagi hari.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih