Cara Membuat Skema rangkaian Lampu Malam Otomatis

By | December 19, 2013

Cara Membuat Skema rangkaian Lampu Malam Otomatis – Skema rangkaian lampu malam automatis berperan untuk mengatur hidup lampu di malam hari dengan cara automatis. Lampu automatis yg bisa menyala di malam hari yg bisa anda jumpai yaitu lampu taman, lampu jalan & yang lain. Lampu itu bisa menyala dengan cara automatis di malam hari lantaran dikontrol memakai skema rangkaian yg bisa membedakan siang & malam, satu diantara contoh skema rangkaian yg bisa dipakai untuk mengontrol lampu malam dengan cara automatis yaitu skema rangkaian lampu malam automatis seperti pada gambar dibawah ini.

Skema rangkaian Lampu Malam Otomatis

Skema rangkaian malam automatis pada gambar diatas adalah aplikasi dari suatu foto transistor yg dipakai sbg sensor sinar. Foto transistor di skema rangkaian lampu otomatis itu di set untuk mengidera sinar, di mana pada waktu intensitas sinar rendah (malam) maka bakal berikan bias maju di transistor untuk mengaktifkan relai. & di waktu intensitas sinar yg di terima foto transistor maka tdk bakal berikan bias maju ke transistor, hingga relai tdk memperoleh daya & ada di keadaan Off. Di skema rangkaian lampu malam automatis di atas dilengkapi dngn dioda yg dipasang dengan cara reverse pada sumber tegangan/voltage relai, hal tersebut mempunyai tujuan untuk hindari terjadinya arus balik dari kumparan induksi relai di waktu berlangsung pergantian keadaan di relai.

Adjustment Skema rangkaian Lampu Automatis

Di skema rangkaian lampu automatis di atas dilengkapi dngn variabel resistor VR1 yg berperan untuk mengatur tingkat sensitifitas penerimaan sinar di foto transistor. Hingga VR1 itu pada prinsipnya berperan untuk mengatur waktu menyala maupun padamnya lampu penerangan yg dikendalikan. Skema rangkaian lampu malam automatis di atas memerlukan sumber tegangan/voltage DC 9 Volt & bisa dipakai untuk mengatur lampu DC ataupun AC 220 volt, hal tersebut lantaran system switching lampu (beban) memakai relai.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih