Cara Membuat Skema rangkaian Lampu TL 2 Lampu 1 Ballast

By | February 10, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Lampu TL 2 Lampu 1 Ballast – Skema rangkaian lampu TL 2 lampu 1 ballast maksudnya yaitu menyalakan 2 buah lampu TL dngn 1 buah transformer ballast. Agar bisa menyalakan 2 buah lampu TL dngn 1 buah transformer ballast dngn tingkat sinar maksimal yaitu dngn memakai transformer ballast yg mempunyai daya output minimum 2 kali lebih besar dari daya masing-masing lampu TL yg bakal dinyalakan. Untuk membuat maupun merangkai lampu TL dngn 2 lampu yg dinyalakan oleh 1 buah transformer ballast bisa di buat seperti pada gambar di bawah.

Skema rangkaian Lampu TL 2 Lampu 1 Ballast

Untuk membuat maupun merangkai 2 buah lampu TL yg dinyalakan dngn 1 buah trafo ballast dapt dikerjakan dngn menghubungkan 2 buah lampu TL dengan cara seri lalu menghubungkannya ke trafo ballas, tiap-tiap lampu TL mesti dipasang starter lantaran memakai ballas type transformer. Untuk lebih jelasnya bisa disimak pada gambar skema rangkaian lampu TL 2 lampu 1 ballast di atas. Agar bisa merangkaian 2 lampu TL dngn daya 20 watt & dinyalakan oleh 1 buah transformer ballast, maka daya transformer ballas minimum adalh 40 watt.

Aplikasi dari skema rangkaian lampu TL 2 lampu 1 ballast tersebut bisa didapati di lampu penerangan di lapangan bulu tangkis. Pemakaian 2 lampu TL ditujukan untuk menghemat tempat & kurangi panjang & beban tiang penyangga lampu penerangan. Untuk merangkaian lampu TL dngn 2 lampu 1 ballas dngn nilai daya lampu yg tidak sama bisa memakai skema rangkaian seperti pada gambar di atas, di mana rumusan nilai daya transformer ballast mesti 2 kali lebih besar dari daya masing-masing lampu TL yg dipakai & dipasang starter di setiap lampu TL itu.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih