Cara Membuat Skema rangkaian LED AC 220 Volt

By | April 25, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian LED AC 220 Volt – LED yaitu dioda yg bisa menyala maupun pancarkan sinar di waktu diberikan sumber tegangan/voltage dengan cara forward. Pada dasarnya LED bisa dinyalakan dngn sumber tegangan/voltage DC 3 volt & arus makismal 50 mA. Skema rangkaian LED AC 220 volt adalah satu diantara cara menyalakan LED memakai tegangan/voltage AC 220 Volt PLN. Skema rangkaian LED AC 220 Volt tersebut bisa diterapkan di lampu penerangan rumah. LED yg dipakai di skema rangkaian tersebut yaitu LED super bright supaya bisa berikan intensitas sinar yg optimal. Gambar skema rangkaian & nilai komponen untuk membuat skema rangkaian LED AC 220 Volt bisa disimak pada gambar dibawah ini.

Skema rangkaian LED AC 220 Volt

Untuk menyalakan LED dngn tegangan/voltage AC 220 Volt PLN bisa dikerjakan dngn lebih dari satu cara, satu diantara cara itu yaitu dngn membuat skema rangkaian seperti pada gambar di atas. Cara menyalakan LED dngn tegangan/voltage AC 220V yg dipakai di skema rangkaian di atas yaitu dngn dengan cara menyearahkan tegangan/voltage AC 220V jadi tegangan/voltage DC lalu memberikan pembatas arus untuk tegangan/voltage supply skema rangkaian LED. Skema rangkaian LED AC 220 Volt pada gambar di atas terbagi dalam bagian-bagian sbg berikut.

Rectifier, sisi tersebut berperan untuk menyearahkan tegangan/voltage AC 220V jadi tegangan/voltage DC. Komponen yg berperan sbg rectifier yaitu dioda bridge Dioda 1 & Capasitor 2.

Pembatas arus, sisi pembatas arus berperan untuk membatasi arus maksimum arus yg mengalir ke LED & rectifier. Di skema rangkaian LED AC 220 Volt di atas ada 2 unit pembatas arus yakni pembatas arus untuk rectifier & pembatas arus untuk LED. Pembatas arus rectifie rmenggunakan Resistor 1 110 KOhm & pembatas arus LED memakai Resistor 2 56 Ohm.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih