Cara Membuat Skema rangkaian Loud speaker Protector Power Audio amplifier OCL BGR

By | April 8, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Loud speaker Protector Power Audio amplifier OCL BGR – Skema rangkaian loud speaker protektor berperan membuat perlindungan loud speaker yg terhubung ke power audio amplifier dari lonjakan tegangan/voltage sesaat pada waktu power audio amplifier dihidupkan & dari kebocoran arus DC dari power audio amplifier. Skema rangkaian loud speaker protektor tersebut bisa mensuply waktu tunda terhubungnya load loud speaker ke audio amplifier & bisa mendeteksi arus DC pada jalur output/keluaran power audio amplifier.

Skema rangkaian loud speaker protektor tersebut sudah dilengkapi dngn regulator tegangan/voltage 7812 hingga bisa diberikan sumber input/masukan AC dari transformer CT yg dipakai untuk power audio amplifier. Skema rangkaian & daftar komponen untuk membuat loud speaker protektor power audio amplifier OCL tersebut bisa disimak pada gambar dibawah ini.

Skema rangkaian Loud speaker Protector Power Audio amplifier OCL BGR

Skema rangkaian loud speaker protektor di atas terbagi dalam 3 bagian utama yg bisa diterangkan sbg berikut.

Bagian detektor arus DC,

bagian tersebut berperan untuk mendeteksi arus DC pada output/keluaran power audio amplifier & mencegah arus DC itu masuk ke load loud speaker. Skema rangkaian detektor arus DC itu di bangun dngn skema rangkaian dioda 1N4148 yg dirangkai jembatan (bridge) & transistor dengan tipe C828 perdana.

Bagian penunda (delay),

bagian tersebut berfungsi untuk mensuply waktu tunda terhubungnya load loud speaker ke power audio amplifier pada waktu perdana kali dihidupkan. Skema rangkaian tersebut di bangun dngn skema rangkaian timer kapasitor/kondensator sederhana untuk menggerakan transistor. Komponen pada skema rangkaian penunda tersebut yaitu konfigurasi RC & transistor C828 ke dua.

Bagian kontaktor,

bagian tersebut berperan untuk menghubungkan power audio amplifier dngn loud speaker memakai relay DC 12 volt. Skema rangkaian untuk bangun bagian tersebut yaitu transistor dengan tipe D438 & relay 12 volt DC.

Lonjakan tegangan/voltage power audio amplifier tersebut terjadi pada power audio amplifier dngn mode Push Pull bagus itu OCL & BTL. Lonjakan tegangan/voltage tersebut benar-benar beresiko untuk loud speaker lantaran bisa mengakibatkan kerusakan coil (kumparan induksi) loud speaker. Arus DC yg bocor & menglair ke loud speaker pun mesti dihindari lantaran bakal mengakibatkan kerusakan coil (kumparan induksi) loud speaker, pada waktu arus DC masuk ke coil loud speaker maka coil itu bakal terbakar lantaran arus DC yaitu arus continyu.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih