Cara Membuat Skema rangkaian Loudspeaker Protector Soft Start

By | December 11, 2013

Cara Membuat Skema/rangkaian Loudspeaker Protector Soft Start – Skema/rangkaian tersebut berperan membuat perlindungan loudspeaker dari tegangan/voltage DC yg barangkali terjadi disebabkan ada rusaknya di power amplifier. Bila power amplifier rusak & tegangan/voltage DC dari catu daya segera menuju loud speaker, ini bakal menyebabkan fatal di loud speaker yg menyebabkan spul loudspeaker bakal terbakar. Umumnya rusaknya yg seperti tersebut banyak berlangsung di rangkaian- rangkaian power amplifier yg finalnya memakai transistor. Kita tdk hendak mengorbankan speaker yg harga nya luar biasa mahal khannn?…

Di speaker protector tersebut tampak skema/rangkaian pada gambar di bawah, anda bakal memakai relay (RL1) yg tugasnya berperan menahan aliran arus listrik yg menuju loudspeaker bila arus listrik itu beraliran arus DC.

Disamping itu Relay bakal tunda (delay) seputar 3 detik di waktu kita menyalakan power amplifier, sehinga output power amplifier tdk dengan cara langsung terhubung ke loud speaker, namun bakal tunda beberapa waktu untuk terhubung ke loudspeaker, Ini bakal berkesan soft start.

Manfaat dari penundan tersebut (softstart), disamping menghindar aliran arus langsung ke loudspeaker pun bakal menyingkirkan efek nada “dut” di waktu amplifier dinyalakan.

Skema rangkaian Loudspeaker Protector Soft Start

Cara Pemasangan:

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih