Cara Membuat Skema rangkaian Low Pass Filter Subwoofer

By | January 20, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Low Pass Filter Subwoofer – Skema rangkaian low pass filter subwoofer tersebut berperan untuk menyaring frekuensi suara rendah untuk kepentingan system suara nada super bass maupun lebih dngn nama subwoofer. Skema rangkaian filter aktif low pass tersebut pula dimaksud sbg crossover aktif subwoofer. Manfaat skema rangkaian crossover aktif subwoofer tersebut yaitu untuk menyaring suara super bass untuk dikuatkan di power audio amplifier subwoofer.

Pada dasarnya prinsip kerja skema rangkaian filter aktif subwoofer yaitu melewatkan sinyal suara dngn frekuensi rendah & melemahkan sinyal suara diatas titik cut-off frekuensi rendah suara bass. Skema rangkaian filter aktif subwoofer tersebut di buat memakai penguat operasional (Op-Amp) IC jenis TL062 yg disusun dlm 2 tingkat penguat tegangan/voltage & konfigurasi filter aktif. Skema rangkaian filter aktif tersebut mempunyai frekuensi kerja dari 20 – 100 Hz dngn penguatan hinga 80 dB. Untuk membuat skema rangkaian filter aktif subwoofer tersebut bisa disimak gambar skema rangkaian & daftar komponen yg dipakai sebagai berikut.

Gambar Skema rangkaian Low Pass Filter Subwoofer

Daftar Komponen Skema rangkaian Low Pass Filter Subwoofer

Resistor 1 memiliki tipe atau berukuran 39 Kohm

Resistor 2 memiliki tipe atau berukuran 39 Kohm

Resistor 3 memiliki tipe atau berukuran 47 Kohm

Resistor 4 memiliki tipe atau berukuran 10 Ohm

Resistor 5 memiliki tipe atau berukuran 22 Kohm

Resistor 6 memiliki tipe atau berukuran 4, 7 Kohm

Resistor 7 memiliki tipe atau berukuran 22 Kohm

Resistor 8 memiliki tipe atau berukuran 4, 7 Kohm

Resistor 9 memiliki tipe atau berukuran 10 Ohm

Resistor 10 memiliki tipe atau berukuran 220 Ohm

Capasitor 1 memiliki tipe atau berukuran 39 pF

Capasitor 2 memiliki tipe atau berukuran 0. 1 uF

Capasitor 3 memiliki tipe atau berukuran 0. 1 uF

Capasitor 4 memiliki tipe atau berukuran 0. 2 uF

Capasitor 5 memiliki tipe atau berukuran 0. 4 uF

Capasitor 6 memiliki tipe atau berukuran 0. 1 uF

Capasitor 7 memiliki tipe atau berukuran 0. 1 uF

IC1 memiliki tipe atau berukuran TL064

Untuk merakit skema rangkaian filter aktif subwoofer tersebut bisa dipakai layuot PCB & design tata letak komponen yg sudah ada sbg berikut.

PCB Skema rangkaian Low Pass Filter Subwoofer

Skema rangkaian filter aktif subwoofer yang ditunjukan pada gambar di atas mempunyai control band width & frekuensi cut-off filter yg bisa diatur dari 2 buah potensiometer di skema rangkaian filer aktif itu.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih