Cara Membuat Skema rangkaian Metal Detektor

By | April 25, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Metal Detektor – Skema rangkaian metal detektor adalah piranti yg berperan untuk mengidentifkasi keberadaan satu benda dngn bahan logam. Logam yg bisa pada deteksi dngn skema rangkaian metal detektor tersebut yaitu benda logam yg memiliki kandungan unsur besi maupun bisa memengaruhi medan magnet.

Skema rangkaian metal detektor maupun detektor logam tersebut bisa dipakai di system security maupun sbg alat pencari benda logam. Skema rangkaian metal detektor tersebut dioperasikan dngn sumber tegangan/voltage DC +9 volt yg di ambil dari suatu baterai 9Volt, hingga bisa dipakai dngn lebih fleksibel. Untuk membuat maupun merakit skema rangkaian metal detektor tersebut bisa disimak gambar skema rangkaian & komponen yg dipakai sbg berikut.

Gambar Skema rangkaian Metal Detektor

Skema rangkaian metal detektor yang ditunjukan pada gambar di atas memakai sensor berbentuk induktor yg dipakai sbg tank circuit yang berasal dari suatu oscilator. Skema rangkaian metal detektor yang ditunjukan pada gambar di atas mengadopsi prinsip kerja radio AM super heterodyne dlm mendeteksi logam. Skema rangkaian metal detektor tersebut terdiri dari 2 oscilator, mixer, detektor audio & penguat audio yg bisa di jabarkan sbg berikut.

Oscilator

Skema rangkaian metal detektor tersebut memakai 2 unit oscilator, dngn oscilator perdana berfrekuensi 5, 5 MHz memakai ceramic filter & transistor T1, lalu sebuah oscilator lagi dngn frekuensi ditentukan oleh induktor L1 & kapasitor/kondensator variabel VC1 & transistor T3. Induktor L1 di osciltor ke-2 tersebut berperan sbg sensor logam, di mana gelombang elektromagnet di L1 bakal dipengaruhi terdapatnya logam di sekitar L1 itu. Pada waktu dipengaruhi ada logam di sekitar L1 maka frekuensi kerja osciltor T3 bakal berubah. Keadaan inilah yg digunakan sbg pendeteksian terdapatnya logam.

Mixer

Sisi ini berperan untuk mencampurkan ke-2 frekuensi yg dihasilkan oleh ke-2 oscilator tersebut yang ditunjukan pada gambar di atas. Sisi mixer tersebut di bangun memakai transistor T2. Sinyal output yang berasal dari mixer tersebut adalah hasil modulasi pada sinyal oscilator T1 & oscilator T3.

Detektor

Skema rangkaian detektor tersebut berperan untuk memisahkan sinyal yang berasal dari modulasi sinyal output oscilator T1 & sinyal output oscilator T3. Skema rangkaian detektor tersebut bakal mengambil isyarat yang berasal dari oscilator T3 sbg sinyal info & membaung isyarat yang berasal dari oscilator T1. Sisi detektor tersebut di bangun memakai dioda detektor OA 79.

Penguat Audio

Sisi tersebut berperan untuk menguatkan tanda yang berasal dari detektor untuk menggerakan sebuah loud speaker kecil sbg indikator ada tidaknya logam di sekitar sensor. Komponen utama penguat audio yaitu IC TDA2822 yg dioperasikan dngn tegangan/voltage DC 9 volt yang berasal dari suatu baterai. Nada yg dihasilkan oleh penguat audio tersebut bakal berubah di waktu skema rangkaian mendeteksi ada logam.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih