Cara Membuat Skema rangkaian Microphone Wireless IC LM741

By | February 7, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Microphone Wireless IC LM741 – Skema rangkaian microphone wireless tersebut bekerja dngn sumber tegangan/voltage +9 volt DC yg bisa di ambil dari baterai. Frekuensi kerja skema rangkaian microphone wireless tersebut ada di range frekuensi FM 88- 108 MHz. Sbg penerima untuk skema rangkaian microphone wireless tersebut bisa dipakai pesawat penerima FM pada umumnya. Skema rangkaian microphone wireless pada gambar di bawah cukup sederhana & bisa di buat di PCB yg kecil. Gambar skema rangkaian & daftar komponen untuk membuat skema rangkaian mirophone wireless IC LM741 bisa disimak di gambar dibawah ini.

Skema rangkaian Microphone Wireless IC LM741

Skema rangkaian microphone wireless yang ditunjukan pada gambar di atas memakai microphone electret maupun kondenser mic sbg inputnya. Pada dasarnya skema rangkaian microphone wireless yang ditunjukan pada gambar di atas terbagi dalam 2 sisi utama sebagai berikut.

Sisi Penguat Mic

Sisi penguat mic tersebut berperan sbg penguat sinyal suara yg di terima oleh microphone electret. Penguat sinyal suara dari microphone memakai penguat operasional IC LM741 yg diberikan sumber tegangan/voltage +8, 2 volt. Di sisi penguat mic tersebut tingkat penguatan tegangan/voltage sinyal suara yg di terima microphone bisa diatur memakai variable resistor VR Resistor 12.

Sisi Transmitter FM

Sisi transmitter FM berperan untuk pancarkan sinyal suara dari penguat microphone yang ditunjukan pada gambar di atas dngn modulasi FM. Skema rangkaian transmitter FM di penguat microphone wireless tersebut di bangun memakai 1 transistor dengan tipe jenis 2N3904. Disamping sebagai transmitter FM sisi tersebut berperan pula sebagai mixer & oscilator. Frekuensi kerja skema rangkaian transmitter tersebut dikontrol menggunakan dioda varaktor Dioda 2. L1 di sisi tersebut bisa di buat dngn kawat email 0, 6mm yg dililit sejumlah 2, 5 lilit dngn diameter lilitan 8mm. Antena yg dipakai untuk skema rangkaian transmitter di mirophone wireless tersebut yaitu kawat email dngn pajang 12 centi meter & di buat lilitan untuk efisiensi tempat.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih