Cara Membuat Skema rangkaian Mini Amplifier

By | December 9, 2013

Cara Membuat Skema/rangkaian Mini Amplifier – Amplifier mini tersebut diperuntukan buat Anda yg membutuhkan penguat dngn daya kecil. Hasil reprodukasi suaranya terbilang bagus & lumayan untuk membikin nada gaduh pada kamar. Tetapi namanya pun ‘mini’ jadi janganlah ingin suaranya menggelegar.

Skema/rangkaian tersebut sesungguhnya banyak di jual dipasaran, namun apa salahnya kita buat sendiri, itung-itung nambah pengetahuan. Amplifier tersebut dahulu saya gunakan untuk men-drive radio frekuensi modulasi (fm) tuner. Saya letakkan satu box dngn radio lantaran ukurannya kecil & tdk memerlukan trafo dngn ampere gede.

Oya, gambar Skema/rangkaian Mini Amplifier dapat Anda tengok di bawah ini.

Gambar Skema/rangkaian Mini Amplifier

Skema/rangkaian Mini Amplifier tersebut memakai IC utama LA4550. LA4550 yaitu penguat daya audio 2 channel yg spesial dirancang untuk pemakaian radio, compo, tape-recorder & lain-lain. Feature dari LA4550 yaitu arus diam rendah, di bangun pada 2 channel untuk stereo & pengoperasian jembatan modus, penolakan riak yg benar-benar bagus, pembelahan saluran yg bagus. LA4550 tersebut bisa dioperasikan dari 12 VDC & bisa berikan output power 4 Watt di speaker 8 ohm.

Untuk aplikasi stereo, dua mode penguat identik mesti di bangun pas dngn skema/rangkaian. Dlm skema/rangkaian Capasitor 6 & Capasitor 3 berikan umpan balik & nilai mereka memastikan frekuensi cut-off yg lebih rendah. Capasitor 1 & Capasitor 7 ditujukan untuk bootstrap. Cabang Capasitor 2, Resistor 1 & Capasitor 8, Resistor 3 ditujukan untuk menghindar osilasi, & kestabilan frekuensi tinggi dari audio amplifier LA4550 bakal ditingkatkan. Capasitor 9 & Capasitor 10 ditujukan untuk kopling speaker ke IC. Capasitor 4 yaitu kapasitor/kondensator riak penyaringan sedang Capasitor 11 & Capasitor 12 ditujukan untuk menyaring listrik. Audio input bisa diaplikasikan ke pin 8 dari IC yg terhubung dngn tanah.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih