Cara Membuat Skema rangkaian Mini Power Audio amplifier LM386

By | February 2, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Mini Power Audio amplifier LM386 – Skema rangkaian mini power audio amplifier LM386 adalah power audio amplifier daya rendah yg bisa dipakai untuk penguat suara di radio pocket maupun radio portable. Mini power audio amplifier tersebut bisa dioperasikan dngn tegangan/voltage +4, 5 volt DC sampai +12 volt DC hingga bisa di buat sbg mini power audio amplifier yg serba guna & bisa digunakan untuk berbagai piranti elektronika dngn system suara standart. Untuk membuat skema rangkaian mini power ampllifier LM386 tersebut bisa disimak pada gambar skema rangkaian dibawah ini.

Skema rangkaian Mini Power Audio amplifier LM386

Skema rangkaian mini power audio amplifier yang ditunjukan pada gambar di atas di bangun dlm 2 sisi utama yakni sisi penguat depan (pre-amplifier) & penguat akhir (final audio amplifier) sbg berikut.

Penguat depan (pre-amplifier) berperan untuk menguatkan sinyal suara supaya bisa dipakai sbg sinyal input untuk power audio amplifier LM386. Skema rangkaian penguat depan tersebut menggunakan IC TL071 yg diset sbg penguat inverting dngn aspek penguatan bisa diatur memakai potensiometer 470 KOhm. IC TL071 adalah penguat operasional dngn input FET hingga mempunyai impedansi input yg tinggi. Jika dlm memperoleh IC TL071 tdk didapat maka IC TL071 bisa digantikan dngn IC LM741. Skema rangkaian yang ditunjukan pada gambar di atas tdk perlu dirubah jika memakai IC LM741 lantaran spesifikasi & ciri-ciri IC TL071 & LM741 nyaris sama.

Penguat akhir maupun kerap pun dimaksud dngn arti final audio amplifier maupun power audio amplifier di skema rangkaian yang ditunjukan pada gambar di atas di bangun memakai IC LM386. Sisi tersebut berperan untuk menguatkan kembali sinyal suara dari penguat depan supaya bisa dipakai untuk menggerakan loud speaker. IC LM386 adalah IC power audio amplifier daya rendah yg bisa dipakai untuk menggerakan loud speaker kecil dngn impedansi 4 Ohm sampai 8 Ohm.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih